PENGEMBANGAN PAKET BELAJAR BERBASIS HANDPHONE SYMBIAN OS TENTANG KIMIA KARBON SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI

SOLEH - NIM. 03440400, (2008) PENGEMBANGAN PAKET BELAJAR BERBASIS HANDPHONE SYMBIAN OS TENTANG KIMIA KARBON SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN PAKET BELAJAR BERBASIS HANDPHONE SYMBIAN OS TENTANG KIMIA KARBON SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI)
BAB 1, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN PAKET BELAJAR BERBASIS HANDPHONE SYMBIAN OS TENTANG KIMIA KARBON SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI)
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (854kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyusun paket belajar kimia berbasis i Handphone Symbian OS dalam bentuk Software untuk siswa SMA/MA kelas X semester 2 pada materi kimia karbon berdasarkan kurikulum tingkat satuan pendidikan dan mengetahui kualitas paket belajar kimia berbasis handphone yang telah disusun berdasarkan penilaian 5 guru kimia SMA/MA dan 6 siswa MAN. Paket belajar ini disusun menggunakan bahasa pemrograman Java 2 Micro Edition yang ditulis dengan program Netbeans IDE. Netbeans IDE merupakan alat bantu penulisan Source Code untuk membangun suatu Aplikasi/Program. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan model, yaitu model paket belajar mandiri, yang telah dikembangkan pada buku dan komputer, pada penelitian ini dikembangkan pada handphone. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan dua variabel, yaitu variabel penyusunan paket belajar kimia berbantuan komputer dan variabel kualitas paket belajar kimia berbantuan komputer yang telah disusun berdasarkan kriteria kebenaran konsep, keluasan dan kedalaman konsep, kebahasaan, keterlaksanaan, dan tampilan. Analisis dilakukan terhadap masing-masing komponen yang ada dalam paket belajar kimia berbasis handphone. Hasil analisis data dari 5 orang penilai guru SMA/MA menyebutkan bahwa software media pembelajaran kimia berbasis handphone memperoleh nilai sangat baik dengan skor 212. Sedangkan hasil analisis data dari 6 orang siswa MAN menyebutkan bahwa media pembelajaran kimia yang telah disusun memperoleh nilai sangat baik dengan skor 84,17. Hal ini berarti paket belajar kimia berbasis handphone dalam bentuk software dalam penelitian ini telah memenuhi kriteria kualitas paket belajar yang baik dan diharapkan dapat digunakan sebagai alternatif sumber belajar untuk pembelajaran mandiri bagi siswa SMA/MA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing I : Susy Yunita P, M.Si., Pembimbing II : Agus Mulyanto, M.Kom.
Uncontrolled Keywords: Sumber belajar untuk pembelajaran mandiri.
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2012 10:40
Last Modified: 18 Feb 2016 03:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1269

Actions (login required)

View Item View Item