STRATEGI MUSYRIF (PENDAMPING ASRAMA) DALAM MENINGKATKAN PERILAKU IBADAH SISWA DI ASRAMA UMAR BIN KHATTAB MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

AHMAD SYAUQI NOOR , NIM. 10411024 (2014) STRATEGI MUSYRIF (PENDAMPING ASRAMA) DALAM MENINGKATKAN PERILAKU IBADAH SISWA DI ASRAMA UMAR BIN KHATTAB MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI MUSYRIF (PENDAMPING ASRAMA) DALAM MENINGKATKAN PERILAKU IBADAH SISWA DI ASRAMA UMAR BIN KHATTAB MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI MUSYRIF (PENDAMPING ASRAMA) DALAM MENINGKATKAN PERILAKU IBADAH SISWA DI ASRAMA UMAR BIN KHATTAB MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini, idealnya Musyrif yang menjadi ustadz pembimbing di asrama dapat mengontrol belajar dan ibadah siswa sehari-hari, tetapi kenyataannya masih terdapat hal-hal yang kurang sesuai berkaitan dengan perilaku ibadah siswa di asrama Umar bin Khattab, meskipun Musyrif telah menjalankan tugas dan fungsinya menggunakan strategi yang beragam. Penelitian ini penting dilakukan untuk memecahkan masalah pendidikan khususnya pembelajaran sistem asrama yang pada penelitian ini lebih menitik beratkan pada perilaku ibadah siswa. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah mengenai strategi yang digunakan Musyrif dalam meningkatkan perilaku ibadah siswa di asrama Umar bin Khattab Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di asrama Umar bin Khattab Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi partisipatif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan metode triangulasi teknik, yaitu mengecek data dengan sumber yang sama dengan teknik yang berbeda. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perilaku ibadah siswa di asrama Umar bin Khattab sudah bagus, karena berdasar empat indikator ibadah yang dilaksanakan siswa, yaitu salat wajib berjamaah, puasa sunnah Senin dan Kamis, membaca Al- Quran dan ibadah Mu’ammalah, siswa sudah melaksanakan keempat indikator ibadah tersebut. Adanya absensi ibadah dan pemberian sanksi merupakan bentuk kontrol dan bimbingan yang dilakukan oleh Musyrif untuk menjaga perilaku ibadah siswa di asrama. Musyrif dalam hal ini tidak bekerja sendiri, pamong asrama pun bekerja sama dengan Musyrif dalam membimbing kegiatan ibadah siswa di asrama. (2) Strategi yang digunakan Musyrif di asrama Umar bin Khattab bermacam-macam, yaitu adanya pemberian motivasi, pemberian tauladan, absensi ibadah dan pemberian sanksi. Tetapi sebagian besar Musyrif menggunakan absen ibadah dan pemberian sanksi sebagai alat untuk membimbing kegiatan ibadah siswa di asrama. Musyrif di asrama Umar bin Khattab juga menggunakan metode bimbingan dalam membimbing kegiatan ibadah siswa di asrama, yaitu metode bimbingan langsung secara individual maupun secara kelompok dan metode bimbingan tidak langsung secara kelompok atau massal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. H. Sarjono, M. Si
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Jun 2014 15:22
Last Modified: 02 Aug 2017 11:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12693

Actions (login required)

View Item View Item