FA'ALIYAH TADRIS AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH FI AL KITAB "MODUL HIKMAH" FI AL SAF AL ASHIR LI AL MADRASAH AL THANAWIYYAH AL ISLAMIYYAH AL HUKUMIYYAH PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA (DIRASAH TAHLILIYYAH FI NAJAH MAHARAT AL QIRA'AH)

MOHD FIKRI AZHARI, NIM. 09420083 (2013) FA'ALIYAH TADRIS AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH FI AL KITAB "MODUL HIKMAH" FI AL SAF AL ASHIR LI AL MADRASAH AL THANAWIYYAH AL ISLAMIYYAH AL HUKUMIYYAH PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA (DIRASAH TAHLILIYYAH FI NAJAH MAHARAT AL QIRA'AH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (FA'ALIYAH TADRIS AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH FI AL KITAB "MODUL HIKMAH" FI AL SAF AL ASHIR LI AL MADRASAH AL THANAWIYYAH AL ISLAMIYYAH AL HUKUMIYYAH PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA (DIRASAH TAHLILIYYAH FI NAJAH MAHARAT AL QIRA'AH) )
BAB I, IV, DAFATAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (FA'ALIYAH TADRIS AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH FI AL KITAB "MODUL HIKMAH" FI AL SAF AL ASHIR LI AL MADRASAH AL THANAWIYYAH AL ISLAMIYYAH AL HUKUMIYYAH PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA (DIRASAH TAHLILIYYAH FI NAJAH MAHARAT AL QIRA'AH) )
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (261kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pengajaran bahasa Arab dengan menggunakan buku “Modul Hikmah” dalam keberhasilan kemahiran membaca di MAN Pakem Sleman Yogyakarta dan Untuk mengetahuai sejauhmana Efektivitas pengajaran bahasa Arab dengan menggunakan buku “Modul Hikmah” dalam keberhasilan kemahiran membaca di MAN Pakem Sleman Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi karya Tulis Ilmiah yang mampu memperkaya wawasan tentang pembelajaran bahasa Arab khususnya wawasan bagi Guru untuk memilih metode yang tepat terutama menyesuaikan dengan kemampuan Peserta didik dalam belajar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Lapangan (field research) dengan mengambil lokasi di MAN Pakem Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, angket. Teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan analisis data non statistik atau analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya: 1 metode yang digunakan oleh guru dalam mpengajaran bahasa Arab yaitu metode menghafal, membaca, ujian, dan tanya jawab. Dan Metode Al-qiroah yang digunakan oleh guru terbagi menjadi dua, 1. Membaca diam, 2. Membaca keras. 2. Efektivitas pengajaran bahasa Arab dengan menggunakan buku “Modul Hikmah” sudah efektif, dan mendapatkan hasil yang tinggi dan hasil ujian bahasa Arab (maharoh membaca) “sangat bagus”. Dapat di buktikan hasil dari kelas 10 yaitu: 83,82 dan ini sesuai dengan Suharsimi Arikunto di dalam bukunya yaitu 80-100 sangat bagus dan wawancara dengan Ustad Muhammad Rosid bahwasanya peserta didik sudah pendai membaca teks bahasa Arab di buku “Modul Hikmah” dan ini sangat bagus, dan ia juga berkata bahwasanya penggunakan buku “ Modul Hikmah”sangat efektif ketimbang penggunaan buku dari sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: H. TULUS MUSTHOFA, Lc., MA
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 05 Jun 2014 09:18
Last Modified: 02 May 2017 13:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12700

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum