TA'LIM AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH 'ALA ASAS MANHAJ KULIYAT AL MU'ALIMIN AL ISLAMIYYAH FI MA'HAD IBN AL QOYYIM BANTUL YOGYAKARTA (DIRASAH TAHLILIYYAH)

SITI AIMMATUL FARIDA, NIM. 09420041 (2013) TA'LIM AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH 'ALA ASAS MANHAJ KULIYAT AL MU'ALIMIN AL ISLAMIYYAH FI MA'HAD IBN AL QOYYIM BANTUL YOGYAKARTA (DIRASAH TAHLILIYYAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (TA'LIM AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH 'ALA ASAS MANHAJ KULIYAT AL MU'ALIMIN AL ISLAMIYYAH FI MA'HAD IBN AL QOYYIM BANTUL YOGYAKARTA (DIRASAH TAHLILIYYAH))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (TA'LIM AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH 'ALA ASAS MANHAJ KULIYAT AL MU'ALIMIN AL ISLAMIYYAH FI MA'HAD IBN AL QOYYIM BANTUL YOGYAKARTA (DIRASAH TAHLILIYYAH))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (220kB)

Abstract

Siti Aimmatul Farida, Penelitian ini berjudul Pembelajaran Bahasa Arab dengan Kurikulum Kuliyatul Mualimin Al-islamiyah di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Bantul Yogyakarta, dan di dalam penelitian ini ada dua permasalahan pokok khususnya yang berkaitan dengan tujuan penelitian ini. Pertama ingin mengetahui bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab dengan Kurikulum Kuliyatul Mualimin Al-islamiyah di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Bantul Yogyakarta dan kedua ingin mengetahui bagaimanakah pelaksaan ujian untuk mengetahui kemampuan siswa di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran bahasa arab dengan kurikulum KMI dan pelaksanaan ujian di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Bantul Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Reaseach). Pendekatan yang dignakan dalam skripsi ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskritif, karena penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi pada saat sekarang. Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi digunakan untuk mengambil data dari penelitian di lapangan dengan melibatkan kepala sekolah, guru bidang studi bahasa arab, dan bagian bahasa pondok pesantren ibnul qoyyim Yogyakarta. Analis data yang digunakan dalam skipsi ini adalah deskriptif analisis. Dalam penulis akan mengungkapkan tentang Pembelajaran Bahasa Arab dengan Kurikulum Kuliyatul Mualimin Al-islamiyah. Hasil Penelitian pertama menunjukkan bahwa: (A) Pembelajaran bahasa arab di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim mengunakan sistem kurikulum KMI, yaitu jenjang pendidikan yang harus ditempuh selama enam tahun bagi lulusan SD/MI dan tiga tahun bagi lulusan MTs/ SMP. Dan yang menjadikan bahasa asing sebagai bahasa sehari- hari yaitu bahasa arab dan inggris, (B) Pelaksaan ujian di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim ada dua yaitu ujian lisan dan ujian tulis, yang dilaksanakan di awal tahun ajaran dan akhir tahun ajaran, dan materi yang diujikan dalam ujian lisan adalah: a. Al-quran ( Tajwid, ibadah amaliah, ibadah qouliyah, dan hafalan doa- doa) b. Bahasa arab ( Muhadatsah, mutholaah, nahwu, shorof, makhfudzot, mufrodat) c. Bahasa inggris ( Conversation, reading, vocabularies, translation )

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: Drs. ADZFAR AMMAR, MA
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 05 Jun 2014 09:56
Last Modified: 03 May 2017 11:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12701

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum