HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VB MI MUHAMMADIYAH BASIN KEBONARUM KLATEN

DESI ARSANTI WULANDARI , NIM.10481012 (2014) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VB MI MUHAMMADIYAH BASIN KEBONARUM KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VB MI MUHAMMADIYAH BASIN KEBONARUM KLATEN)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (43MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VB MI MUHAMMADIYAH BASIN KEBONARUM KLATEN)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Motivasi dapat berfungsi sebagai pendorong usaha pencapaian prestasi. Dengan adanya motivasi yang baik dalam belajar maka akan menunjukkan hasil belajar yang baik pula. Motivasi belajar siswa kelas VB (program khusus) di MIM Basin dalam mengikuti proses pembelajaran ada yang tinggi dan ada yang rendah. Mereka memiliki kedua orang tua dan tinggal bersama orang tua dalam satu rumah serta kebanyakan dari orang tua mereka sibuk atau berkarir serta intensistas pertemuan mereka dirumah sangat kurang menyebabkan rendahnya motivasi belajar. Pada saat proses pembelajaran siswa yang aktif di kelas mereka yang memiliki prestasi bagus di kelas sebaliknya siswa yang cenderung pasif di kelas memiliki prestasi yang biasa saja atau rendah. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) apakah ada hubungan antara pola asuh orang tua dan motivasi belajar siswa kelas VB MIM Basin, (2) apakah ada hubungan antara kompetensi pedagogik guru dengan motivasi belajar siswa kelas VB MIM Basin, (3) apakah ada hubungan pola asuh orang tua dan kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar siswa VB MIM Basin. Jenis Penelitian ini adalah jenis penelitian korelational dan expost facto dengan pendekatan kuantitatif. Responden penelitian ini menggunakan kelas VB (program khusus) MIM basin yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan angket kuesioner. Adapun teknik analisis data menggunakan menggunakan korelasi Product moment dan korelasi ganda dengan menggunakan bantuan SPSS 16.00 for windows. Dari hasil penelitian dan pembahasan Terdapat hubungan positif antara pola asuh orang tua dengan motivasi belajara siswa kelas VB MI Muhammadiyah Basin Kebonarum Klaten, diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,950 atau variabel motivasi belajar 90% dapat dijelaskna oleh variabel pola asuh orang tua dengan uji signifikansi hipotesis 0,000 < 0,05. Terdapat hubungan positif antara kompetensi pedagogik guru dengan motivasi belajar siswa kelas VB MI Muhammadiyah Basin Kebonarum Klaten, diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,521 atau variabel motivasi belajar 27% dapat dijelaskan oleh variabel kompetensi pedagogic guru dengan hasil uji signifikansi hipotesis sebesar 0,018 < 0,05. Terdapat hubungan positif antara pola asuh orang tua dan kompetensi pedagogik guru dengan motivasi belajar siswa kelas VB MI Muhammadiyah Basin dengan koefisien korelasi ganda sebesar 0,962 dan koefisien determinasi variansi motivasi belajar siswa 92,6% dapat dijelaskan oleh variabel pola asuh orang tua dan kompetensi pedagogik guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Ichsan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pola Asuh Orang Tua, Kompetensi Pedagogik dan Motivasi Belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 05 Jun 2014 06:33
Last Modified: 31 Jan 2017 07:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12706

Actions (login required)

View Item View Item