UPAYA POLRI DALAM PENANGGULANGAN PERJUDIAN ONLINE DI YOGYAKARTA TAHUN 2012 (STUDI KASUS POLDA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)

TORIQ LUQMAN AZIZ, NIM. 09340076 (2013) UPAYA POLRI DALAM PENANGGULANGAN PERJUDIAN ONLINE DI YOGYAKARTA TAHUN 2012 (STUDI KASUS POLDA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA POLRI DALAM PENANGGULANGAN PERJUDIAN ONLINE DI YOGYAKARTA TAHUN 2012 (STUDI KASUS POLDA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (UPAYA POLRI DALAM PENANGGULANGAN PERJUDIAN ONLINE DI YOGYAKARTA TAHUN 2012 (STUDI KASUS POLDA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (852kB)

Abstract

Pesatnya kemajuan teknologi komunikasi dan informasi memacu berbagai macam aspek dalam sendi kehidupan tidak terkecuali aspek kejahatan. Internet telah menghadirkan realitas kehidupan baru bagi umat manusia. Kejahatan perjudian mengalami perkembangan dengan mengunakan sarana online atau yang sering disebut internet gambling. Di kota besar seperti Yogyakarta perjudian online merupakan hal yang tidak asing lagi. Perjudian online merambah dari masyarakat kalangan atas hingga kalangan bawah. Kepolisian sebagai penegak hukum terdepan dalam menegakkan keamanan dan keadilan hukum juga penanggulangan dalam perjudian online yang sedang marak terjadi. Perlu kerja keras yang dilakukan oleh pihak kepolisian dalam upaya menanggulangi tindak kejahat perjudian online. Dari latar belakang di atas maka dapat ditarik pokok masalah sebagai berikut: 1. bagaimana upaya penegakan hukum dalam menanggulangan perjudian online oleh Polda Daerah Istimewa Yogyakarta, 2. bagaimana hambatan-hambatan dalam melakukan penegakan hukum penanggulangan perjudian online yang di lakukan oleh Polda Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk menjawab permasalahan tersebut penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis yaitu penelitian yang dilakukan terhadap keadaan nyata masyarakat atau lingkungan masyarakat dengan maksud dan tujuan untuk menemukan fakta, yang kemudian menuju pada identifikasi dan pada akhirnya menuju kepada penyelesaian masalah. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan yaitu meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini bersifat deskriptif analitik yaitu penganalisaan data untuk menggungkap, menggambarkan dan menguraikan suatu masalah secara obyektif dari obyek yang diteliti. Data yang diperoleh baik data primer maupun data sekunder kemudian dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif yaitu metode analisa data dengan cara memaparkan semua data yang kemudian dianalisis dan akhirnya dibentuk suatu kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan bahwa penegakan hukum dalam menanggulangi perjudian online oleh Polda Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu penyelidik menyamar ikut bermain judi online untuk memperoleh identitas pelaku atau bandar, melakukan penyidikan dan konsultasi dengan pakar IT. Penanggulangan dilakukan dengan represif dan preventif. Penanggulangan represif diantaranya melakukan penyelidikan, penyidikan dan penyergapan. Penanggulangan preventif diantaranya pendeteksian dan pendataan terhadap situs perjudian online. Data yang diperoleh kemudian disampaikan ke Mabes Polri dan Menkominfo untuk dilakukan pemblokiran. Melakukan operasi pekat serta membentuk tim khusus perjudian online. Hambatan yang ditemui dalam penegakan hukum penanggulangan perjudian online yaitu server perjudian online berada di luar negeri, nomor rekening pelaku dilindungi oleh kerahasiaan bank, sulit mengungkap barang bukti, kurangnya sumber daya kepolisian dan sulit menemukan saksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: 1. ACH. TAHIR, S.H.I., LL.M., M.A. 2. FAISAL LUQMAN HAKIM, S.H., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Perjudian online, POLRI
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 Jun 2014 07:53
Last Modified: 28 Dec 2016 15:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12709

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum