FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LIKUIDITAS PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2007-2012

RAFIKHA RUSTIANAH MUSTAFIDAN, NIM. 09390052 (2013) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LIKUIDITAS PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2007-2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LIKUIDITAS PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2007-2012)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LIKUIDITAS PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2007-2012)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dalam menjalankan oprasionalnya, bank harus mampu mempertahankan tingkat likuiditasnya dimana likuiditas menggambarkan kemampuan bank untuk mengakomodasi penarikan deposit dan kewajiban lainya secara efisien dan untuk menutup peningkatan dana dalam pinjaman serta portofolio investasi. Pentingnya penilaian likuiditas atas FDR suatu bank, merupakan salah satu cara untuk bisa menentukan apakah bank tersebut dalam kondisi yang baik atau buruk. FDR pada saat ini berfungsi sebagai indikator intermediasi perbankan. Besarnya FDR dipengeruhi oleh beberapa faktor baik itu faktor eksternal maupun internal. Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh DPK, NPF, CAR, ROA, ROE, NIM, Penempatan pada SBIS dan PUAS terhadap Likuiditas yang diproksikan Financing to Deposit Ratio (FDR) Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif yaitu data yang digunakan dalam penelitian berupa angka-angka (numerik). Populasi sekaligus sampel dari penelitian ini adalah tiga Bank Umum Syariah (BUS), yakni Bank Muamalat Indonesia (BMI), Bank Syariah Mandiri (BSM) dan Bank Syariah Mega Indonesia (BSMI). Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Periode penelitian yang dilakukan dari triwulan II 2007 sampai triwulan III 2012 sehingga diperoleh data sejumlah 66. Adapun variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Dana Pihak Ketiga (DPK), Non Performing Financing (NPF), Capital Adequay Ratio (CAR), Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE), Net Interest Margin (NIM), Penempatan pada SBIS dan PUAS. Sedangkan Financing to Deposit Ratio (FDR) merupakan variabel dependen.Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari website. Hasil penelitian menunjukkan bahwa DPK, NPF, CAR, ROA, ROE, NIM, Penempatan pada SBIS dan PUAS terbukti berpengaruh simultan secara signifikan terhadap FDR Sedangkan pengujian secara parsial DPK, NPF, CAR, ROA,ROE dan SBIS berpengaruh signifikan terhadap FDR. Sedangkan NIM dan PUAS tidak berpengaruh signifikan terhadap FDR. Kata kunci: Financing to Deposit Ratio (FDR), Dana Pihak Ketiga (DPK), Non Performing Financing (NPF), Capital Adequay Ratio (CAR), Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE), Net Interest Margin (NIM), SBIS dan PUAS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: 1. DR. H. SYAFIQ M. HANAFI, M. AG 2. JOKO SETYONO, SE, M.SI
Uncontrolled Keywords: Financing to Deposit Ratio (FDR), Dana Pihak Ketiga (DPK), Non Performing Financing (NPF), Capital Adequay Ratio (CAR), Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE), Net Interest Margin (NIM), SBIS dan PUAS.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 10 Jun 2014 07:45
Last Modified: 26 Sep 2016 15:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12728

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum