TINGKAT KEJENUHAN BELAJAR SISWA DALAM MODEL PEMBELAJARAN EKSPOSITORI PADA MATA PELAJARAN QUR’AN HADIS DI MAN 2 WATES KULON PROGO

DIYAH PUSPITASARI , NIM. 10411047 (2014) TINGKAT KEJENUHAN BELAJAR SISWA DALAM MODEL PEMBELAJARAN EKSPOSITORI PADA MATA PELAJARAN QUR’AN HADIS DI MAN 2 WATES KULON PROGO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (TINGKAT KEJENUHAN BELAJAR SISWA DALAM MODEL PEMBELAJARAN EKSPOSITORI PADA MATA PELAJARAN QUR’AN HADIS DI MAN 2 WATES KULON PROGO)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (TINGKAT KEJENUHAN BELAJAR SISWA DALAM MODEL PEMBELAJARAN EKSPOSITORI PADA MATA PELAJARAN QUR’AN HADIS DI MAN 2 WATES KULON PROGO)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (597kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)

Abstract

DIYAH PUSPITASARI. Tingkat Kejenuhan Belajar Siswa Dalam Model Pembelajaran Ekspositori Pada Mata Pelajaran Qur’an Hadis di MAN 2 Wates Kulon Progo. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa di era sekarang ini guru dituntut untuk mengaplikasikan pembelajaran aktif. Namun sebagian guru masih menggunakan pembelajaran yang berpusat pada guru, salah satunya melalui pembelajaran ekspositori. Bagi guru, sangatlah penting mengetahui keadaan siswanya, apakah dalam keadaan jenuh atau tidak. Dengan mengetahui kejenuhan belajar yang dialami oleh siswa, akan mempermudah guru dalam menentukan langkah yang akan diambil untuk memecahkan masalah kejenuhan belajar. Dari uraian tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran ekspositori yang diterapkan oleh guru, tingkat kejenuhan belajar yang dialami siswa, dan hubungan pembelajaran ekspositori dengan tingkat kejenuhan belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang didukung oleh kuantitatif, dengan mengambil latar MAN 2 Wates Kulon Progo. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber data, yaitu dengan mencocokkan hasil wawancara dengan angket yang dilakukan kepada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran ekspositori sudah dilaksanakan dengan baik oleh guru, yang dibuktikan dengan dilaksanakannya setiap tahapan pembelajaran, yaitu mulai dari tahap persiapan, penyajian, korelasi, menyimpulkan, dan mengaplikasikan. (2) Tingkat kejenuhan belajar yang dialami siswa termasuk dalam kategori tinggi. (3) Model pembelajaran ekspositori menyebabkan kejenuhan belajar pada siswa. Hal ini karena siswa lebih banyak mendengarkan penjelasan dari guru dan siswa kurang terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Sri Purnami, S.Psi, M.A
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 10 Jun 2014 11:44
Last Modified: 10 Jun 2014 11:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12734

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum