ANALISIS CONTENT BUKU TA’LIM AL-LUGHAH AL-‘ARABIYYAH PENDIDIKAN BAHASA ARAB SMA/ MA/ SMK MUHAMMADIYAH KELAS X KARYA Drs. H. ABDUL QUDDUS ZOHER, M.Pd.I DAN SYAHBANA DAULAY, M.Ag

NUR LAILI HIDAYATI , NIM. 10420093 (2014) ANALISIS CONTENT BUKU TA’LIM AL-LUGHAH AL-‘ARABIYYAH PENDIDIKAN BAHASA ARAB SMA/ MA/ SMK MUHAMMADIYAH KELAS X KARYA Drs. H. ABDUL QUDDUS ZOHER, M.Pd.I DAN SYAHBANA DAULAY, M.Ag. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS CONTENT BUKU TA’LIM AL-LUGHAH AL-‘ARABIYYAH PENDIDIKAN BAHASA ARAB SMA/ MA/ SMK MUHAMMADIYAH KELAS X KARYA Drs. H. ABDUL QUDDUS ZOHER, M.Pd.I DAN SYAHBANA DAULAY, M.Ag)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS CONTENT BUKU TA’LIM AL-LUGHAH AL-‘ARABIYYAH PENDIDIKAN BAHASA ARAB SMA/ MA/ SMK MUHAMMADIYAH KELAS X KARYA Drs. H. ABDUL QUDDUS ZOHER, M.Pd.I DAN SYAHBANA DAULAY, M.Ag)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Nur Laili Hidayati. Analisis Content Buku Ta’lim Al-Lughah Al- ‘Arabiyyah Pendidikan Bahasa Arab SMA/MA/SMK Muhammadiyah Kelas X Karya Drs. H. Abdul Quddus Zoher M.Pd.I dan Syahbana Daulay, M.Ag. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas buku teks bahasa Arab tersebut sebagai bahan ajar pembelajaran bahasa Arab ditinjau dari beberapa teori penyusunan buku ajar dan dari seleksi, gradasi, presentasi dan repetisi. Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan (Library Research) dengan menggunakan analisis isi (Content Analysis) dalam menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku tersebut telah memenuhi kriteria buku teks yang baik dari segi materi, yaitu telah sesuai dengan landasan keilmuan yang meliputi: keakuratan materi, cakupan materi dan pendukung materi. Sedangkan berdasarkan tiga asas penyusunan buku ajar bahasa Arab untuk non-Arab menurut Abdullah al-Gali dan Abdul Hamid Abdullah, buku ini sudah memenuhi kriteria sebagai buku pelajaran bahasa Arab bagi non-Arab, akan tetapi masih kurang adanya materi tentang aspek bunyi dan materi empat ketrampilan bahasa disajikan kurang sistematis. Sedangkan dalam teori yang dikembangkan oleh Ali Al-Qasimy, buku ini hanya memenuhi materi dasar, sedangkan dalam materi pendukung dan khusus tidak memenuhi kriteria. Buku tersebut telah memenuhi seleksi yang baik, karena dalam penyusunan materinya yang sesuai dengan tujuan, tingkat kemahiran dan lama suatu program pembelajaran bahasa. Gradasi yang baik, materi disajikan dari kaidah yang sederhana daripada kaidah yang sulit, walaupun terjadi beberapa inkonsistensi dalam penyajian dan pemilihan materinya. Presentasi yang baik dengan meggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar, materi disajikan menggunakan media pendukung seperti table, gambar dan warna yang menarik dan dapat membantu pemahaman. Repetisi yang baik, dengan adanya latihan yang produktif yang mendukung tercapainya tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Sembodo Ardi Widodo
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Analisis, buku teks.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 10 Jun 2014 11:47
Last Modified: 21 Jul 2017 13:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12735

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum