PENGARUH DANA PIHAK KETIGA, RASIO KEUANGAN BANK, JARINGAN, INFLASI, DAN BI RATE TERHADAP VOLUME PEMBIAYAAN BANK UMUM SYARIAH

MOHAMMAD IQBAL, NIM. 08390121 (2013) PENGARUH DANA PIHAK KETIGA, RASIO KEUANGAN BANK, JARINGAN, INFLASI, DAN BI RATE TERHADAP VOLUME PEMBIAYAAN BANK UMUM SYARIAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH DANA PIHAK KETIGA, RASIO KEUANGAN BANK, JARINGAN, INFLASI, DAN BI RATE TERHADAP VOLUME PEMBIAYAAN BANK UMUM SYARIAH)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (19MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH DANA PIHAK KETIGA, RASIO KEUANGAN BANK, JARINGAN, INFLASI, DAN BI RATE TERHADAP VOLUME PEMBIAYAAN BANK UMUM SYARIAH)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Bank merupakan suatu lembaga keuangan yang mempunyai peran penting bagi aktivitas perekonomian, yaitu sebagai lembaga yang menghimpun dana dari pihak yang kelebihan dana (deposan) dan menyalurkan dana ke pihak yang membutuhkan dana (debitur). Salah satunya adalah dengan cara menyalurkan pembiayaan. Selain itu, pembiayaan juga merupakan indikator untuk melihat perkembangan/pertumbuhan pangsa pasar perbankan syariah. Berdasarkan laporan Bank Indonesia tahun 2011, pertumbuhan pembiayaan perbankan syariah yang mencapai 50,0% (yoy), lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan tahun lalu (tahun 2010) sebesar 44,9%. Oleh karena itu, perlu dikaji faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi volume pembiayaan yang disalurkan ke masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris tentang pengaruh dana pihak ketiga, rasio keuangan bank, jaringan, inflasi dan BI rate terhadap volume pembiayaan bank umum syariah di Indonesia. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dana pihak ketiga, rasio keuangan bank (diproksi oleh capital adequacy ratio, non performing financing, dan return on assets), jaringan, inflasi, dan BI rate. Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah volume pembiayaan bank umum syariah periode triwulan I tahun 2010 sampai triwulan III tahun 2012. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah bank umum syariah dari tahun 2009. Data yang digunakan adalah data sekunder dan pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda dengan tingkat signifikansi 5 persen. Secara simultan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel independen mempengaruhi variabel dependen sebesar 99,4 persen. Secara parsial, dana pihak ketiga dan jaringan berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume pembiayaan bank umum syariah. BI rate berpengaruh negatif dan signifikan terhadap volume pembiayaan bank umum syariah. Variabel lain seperti capital adequacy ratio, non performing financing, return on assets, dan inflasi tidak berpengaruh signifikan terhadap volume pembiayaan bank umum syariah. Kata kunci: dana pihak ketiga, capital adequacy ratio, non performing financing, return on assets, jaringan, inflasi, BI rate, volume pembiayaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: 1. Dr. H. SYAFIQ M. HANAFI, S.Ag., M.Ag 2. SUNARYATI, S.E., M.Si
Uncontrolled Keywords: dana pihak ketiga, capital adequacy ratio, non performing financing, return on assets, jaringan, inflasi, BI rate, volume pembiayaan.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 12 Jun 2014 08:51
Last Modified: 26 Sep 2016 14:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12775

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum