PEMBINAAN BAGI NARAPIDANA PELAKU KEJAHATAN NARKOTIKA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN NARKOTIKA KLAS IIA YOGYAKARTA

LENI AINURROHMAH, NIM. 09340103 (2013) PEMBINAAN BAGI NARAPIDANA PELAKU KEJAHATAN NARKOTIKA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN NARKOTIKA KLAS IIA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PEMBINAAN BAGI NARAPIDANA PELAKU KEJAHATAN NARKOTIKA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN NARKOTIKA KLAS IIA YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PEMBINAAN BAGI NARAPIDANA PELAKU KEJAHATAN NARKOTIKA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN NARKOTIKA KLAS IIA YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (920kB)

Abstract

Pembinaan Narapidana Narkotika di Yogyakarta dilaksanakan di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Klas IIA Yogyakarta, kegiatan pembinaan yang dilakukan terbilang masih baru sebab operasionalisasi pertama kali Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Yogyakarta dilaksanakan pada tanggal 2 Juni 2008. Pembinaan yang dilaksanakan dalam kurun waktu sekitar lima tahun tersebut tentu belum bisa sepenuhnya sesuai dengan apa yang ada dalam peraturan-peraturan tentang pembinaan Narapidana. Lembaga Pemasyarakatan Narkotika di Yogyakarta menjadi daerah yang dipilih karena jumlah tahanan dan narapidana kasus narkotikanya tergolong cukup tinggi. Permasalahan yang diajukan adalah apakah metode pembinaan yang diterapkan di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Klas IIA Yogyakarta sudah sesuai dengan peraturan-peraturan pembinaan yang ada. Jenis penelitian ini adalah yuridis normatif, yaitu penelitian yang memfokuskan pada pelaksanaan ketentuan-ketentuan yuridis di bidang pembinaan terhadap Narapidana pelaku kejahatan Narkotika di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Klas IIA Yogyakarta. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data primer yang sumbernya berasal dari narasumber atau responden, dalam hal ini Petugas serta Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Klas IIA Yogyakarta, dan digunakan data sekunder yang sumbernya berasal dari perundang-undangan, hasil karya dari kalangan umum dan berbagai litelatur yang mendukung penelitian ini. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa program pembinaan narapidana pelaku kejahatan narkotika di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Klas IIA Yogyakarta ada beberapa peraturan yang tidak sesuai dan selebihnya banyak peraturan yang sudah sesuai dengan peraturanperaturan tentang pembinaan Narapidana. Belum adanya peraturan perundang-undangan yang mengatur secara khusus tentang pembinaan Narapidana Narkotika di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika menjadi alasan tersendiri bagi instansi terkait. Sebaiknya, dalam revisi undangundang pemasyarakatan ke depan, Undang-undang pemasyarakatan dapat menjadi payung hukum (umbrella act) bagi pembinaan dan rehabilitasi Narapidana Narkotika, sehingga warga binaan yang ditegaskan dalam ketentuan Undang-undang pemasyarakatan, Narapidana Narkotika termasuk di dalamnya sebagai warga binaan yang perlu perhatian berkelanjutan, disamping pencantuman beberapa hak-hak rehabilitasi dalam beberapa pasal dalam UU Pemasyarakatan. Kata kunci : Pembinaan, Narapidana, Narkotika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: 1. LINDRA DARNELA, S.Ag., M. Hum 2. FAISAL LUQMAN HAKIM, S.H., M.Hum
Uncontrolled Keywords: Pembinaan, Narapidana, Narkotika.
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 12 Jun 2014 09:47
Last Modified: 05 Aug 2016 10:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12780

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum