PENGARUH SISTEM FULL DAY SCHOOL TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS V DENGAN TEMAN SEBAYA DI SD MUHAMMADIYAH PAKEL PROGRAM PLUS YOGYAKARTA

NOVENTIA AMININGSIH, NIM. 10481026 (2014) PENGARUH SISTEM FULL DAY SCHOOL TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS V DENGAN TEMAN SEBAYA DI SD MUHAMMADIYAH PAKEL PROGRAM PLUS YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH SISTEM FULL DAY SCHOOL TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS V DENGAN TEMAN SEBAYA DI SD MUHAMMADIYAH PAKEL PROGRAM PLUS YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH SISTEM FULL DAY SCHOOL TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS V DENGAN TEMAN SEBAYA DI SD MUHAMMADIYAH PAKEL PROGRAM PLUS YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini mengangkat tentang pengaruh sistem Full Day School terhadap interaksi sosial siswa kelas V dengan teman sebaya di SD Muhammadiyah Pakel Program Plus Yogyakarta. Hal tersebut dilatar belakangi oleh munculnya sistem full day school sebagai bentuk alternatif dalam upaya memperbaiki manajemen pendidikan dan merupakan tuntutan kebutuhan masyarakat. Permasalahan yang muncul dalam sistem tersebut adalah kesempatan interaksi sosial siswa dengan temannya menjadi berkurang. Sebagai upaya untuk menjawab hal tersebut maka dilakukanlah penelitian ini. Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya dan seberapa besar full day school mempengaruhi interaksi sosial siswa kelas V dengan teman sebayanya. Metode penelitian yang digunakan meliputi metode observasi, dokumentasi, wawancara dan angket. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas V. Terdapat 2 variabel penelitian yaitu full day school dan interaksi sosial. Adapun teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis korelasi, dan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan full day school di SD Muhammadiyah Pakel Program Plus Yogyakarta berada pada kategori cukup baik, karena dalam perhitungan frekuensi terbanyak pada 17 dari 40 siswa atau 42,5% menyatakan cukup baik. (2) Tingkat interaksi sosial dengan teman sebaya yang dilakukan oleh siswa SD Muhammadiyah pakel Program Plus Yogyakarta berada pada kategori sedang. Hal tersebut berdasarkan hasil analisis bahwa 28 dari 40 siswa menyatakan tingkat interaksi sosial berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 70%. (3) Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel (3,963 > 2,02). Sedangkan besarnya signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian kesimpulannya adalah Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat pengaruh antara variabel full day school dan interaksi sosial sehingga dapat dikatakan jika pelaksanaan full day school semakin baik maka tingkat interaksi sosial siswa dapat semakin baik. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan persamaan Y = 17,563 + 0,783X dengan koefisien korelasi sebesar 0,541 dan koefisien determinasi sebesar 0,292. Angka tersebut menunjukkan bahwa full day school berpengaruh sebesar 29,2 % terhadap interaksi sosial. Sementara sisanya, yaitu 70,8% yang dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Aninditya Sri Nugraheni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pengaruh, Full Day School, Interaksi Sosial dan Teman Sebaya
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 12 Jun 2014 06:53
Last Modified: 27 Feb 2017 02:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12783

Actions (login required)

View Item View Item