PROFESIONALISME GURU BAHASA ARAB DI SMP IT BAITUSSALAM PUTERI PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014

SANI AYU LESTARI , NIM. 10420067 (2014) PROFESIONALISME GURU BAHASA ARAB DI SMP IT BAITUSSALAM PUTERI PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PROFESIONALISME GURU BAHASA ARAB DI SMP IT BAITUSSALAM PUTERI PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text ( PROFESIONALISME GURU BAHASA ARAB DI SMP IT BAITUSSALAM PUTERI PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran bahasa Arab dan tingkat keprofesionalitas guru bahasa Arab di SMP IT Baitussalam Puteri. Penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan masukan baru kepada semua pihak yang berkecimpung dalam pembelajaran bahasa Arab, khususnya bagi SMP IT Baitussalam Puteri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Data yang telah terkumpul dari hasil penelitian ini akan dianalisa dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Analisis dilakukan dengan mengumpulkan data kemudian mengelompokkan data tersebut sesuai dengan kategori masing-masing dan selanjutnya diinterpretasikan melalui kata-kata atau kalimat dengan kerangka berpikir teoritik untuk memperoleh kesimpulan atau jawaban dari permasalahan yang telah dirumuskan. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Pelaksanakan proses pembelajaran bahasa Arab di SMP IT Baitussalam Puteri berjalan cukup efektif dan efisien, di mana setiap guru bahasa Arab sudah terlebih dahulu mengetahui tujuan pembelajaran yang hendak dicapai, menentukan metode dan sumber belajar yang tepat, menjelaskan atau menyampaikan materi sesuai dengan langkah-langkah yang disusun dalam RPP, serta penerapan evaluasi yang sesuai dengan materi pembelajaran pada setiap maharah yang diukur. (2) Profesionalitas guru bahasa Arab di SMP IT Baitussalam Puteri berdasarkan teori profesianalitas guru yang diterangkan dalam berbagai macam indikator, dapat dikatakan bahawa ada dua guru bahasa Arab di SMP IT Baitussalam Puteri yang sudah memenuhi tingkat keprofesioanalitas sebagai guru bahasa Arab dan ada satu guru bahasa Arab yang belum memenuhi tingkat keprofesioanalitas sebagai guru bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : M. Jafar Shodiq, M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Profesionalisme, Guru Bahasa Arab, SMP
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 13 Jun 2014 14:55
Last Modified: 26 Jul 2017 10:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12798

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum