PELAKSANAAN PENCATATAN AKTA KELAHIRAN DALAM MEWUJUDKAN TERTIB ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KECAMATAN WEDI KABUPATEN KLATEN

HARYONO , NIM: 09340008 (2013) PELAKSANAAN PENCATATAN AKTA KELAHIRAN DALAM MEWUJUDKAN TERTIB ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KECAMATAN WEDI KABUPATEN KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PENCATATAN AKTA KELAHIRAN DALAM MEWUJUDKAN TERTIB ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KECAMATAN WEDI KABUPATEN KLATEN)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PENCATATAN AKTA KELAHIRAN DALAM MEWUJUDKAN TERTIB ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KECAMATAN WEDI KABUPATEN KLATEN)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (820kB)

Abstract

Setiap kelahiran perlu memiliki bukti tertulis dan otentik karena dapat membuktikan identitas seseorang dengan pasti dan mempunyai kekuatan pembuktian yang sempurna. Asal-usul seseorang dapat dilihat pada akta kelahiran yang dikeluarkan oleh suatu lembaga yang berwenang untuk mengeluarkan akta tersebut yaitu Dinas Kependudukan dan catatan sipil. Di Klaten khususnya di Kecamatan Wedi Tingkat pengetahuan masyarakat akan pentingnya akta kelahiran dirasa kurang menyeluruh, hal ini dibuktikan masih banyaknya masyarakat kabupaten Klaten melalui program dispensasi pelayanan pencatatan akta kelahiran ada yang belum mempunyai akta kelahian. Permasalahan yang dikaji adalam penelitian ini adalah (1). Bagaimanakah Pelaksanaan Pencatatan Akta Kelahiran Dalam Mewujudkan Tertib Administrasi Kependudukan Di Kecamatan Wedi Kabupaten Klaten? (2). Bagaimana Kendala dan Upaya Pemerintah Kabupaten Klaten dalam Pelayanan Pencatatan Akta Kelahiran di Kecamatan Wedi Dalam Mewujudkan Administrasi Kependudukan ? Penelitian ini merupakan Penelitian Deskriptif dengan menggunakan pendekatan Yuridis Sosiologis. Subjek penelitian ini ditentukan dengan purposive atau bertujuan. Subjek penelitian ini adalah Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Klaten, Kepala Bidang Pencatatan Sipil, Kepala seksi Kelahiran dan Kematian, Camat, Kepala Seksi Tata Pemerintahan Kecamatan Wedi dan Warga masyarakat Kecamatan Wedi. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara analisis deskriptif kualitatif yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kendala yang ada dalam pencatatan akta kelahiran di Kecamatan Wedi Kabupaten Klaten sangat minim jika ada masih dalam skala kecil sedangkan Upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Klaten dalam pelayanan dan pencatatan Akta Kelahiran di Kecamatan Wedi dalam rangka mewujudkan tertib administrasi kependudukan melalui Sosialisasi tentang tertib administrasi kependudukan di Kecamatan dan Rapat koordinasi secara rutin bagi penyelenggara pelayanan administrasi kependudukan, kemudian Pelaksanaan Pencatatan Akta Kelahiran dalam mewujudkan tertib administrasi kependudukan di Kecamatan Wedi Kabupaten Klaten adalah Profesionalitas SDM penyelenggara pelayanan publik,fasilitas kerja, prosedur pengurusan administrasi kependudukan, dan kesadaran hukum warga masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: 1. Siti Fatimah, S.H., M.Hum. 2. Nurainun Manungsong, S.H,. M.Hum.
Uncontrolled Keywords: akte kelahiran, administrasi
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Jun 2014 08:10
Last Modified: 05 Aug 2016 09:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12818

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum