PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP TAFSIR AL-IBRIZ DALAM PENGAJIAN AHAD PAGI DI PONDOK PESANTREN AL-ITQON SEMARANG

SUKRI GZOZALI , NIM. 09532042 (2013) PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP TAFSIR AL-IBRIZ DALAM PENGAJIAN AHAD PAGI DI PONDOK PESANTREN AL-ITQON SEMARANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP TAFSIR AL-IBRIZ DALAM PENGAJIAN AHAD PAGI DI PONDOK PESANTREN AL-ITQON SEMARANG)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP TAFSIR AL-IBRIZ DALAM PENGAJIAN AHAD PAGI DI PONDOK PESANTREN AL-ITQON SEMARANG)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (917kB)

Abstract

Skripsi yang berjudul Persepsi Masyarakat terhadap Tafsir al-Ibriz dalam Pengajian Ahad Pagi di Pondok Pesantren al-Itqon Semarang dilatarbelakangi oleh adanya fenomena yang unik tentang pengajian Tafsir al-Ibriz. Pengajian yang sudah dilaksanakan sejak tahun 1995 ini mampu menyedot peserta hingga ribuan jumlahnya. Para peserta terlihat khusyuk saat mendengarkan uraian dari Pak Kyai. Dari dua alasan tersebut penulis merasa bahwa fenomena ini perlu untuk diteliti karena fenomena ini merupakan konsumsi tafsir secara besar-besaran oleh suatu kelompok masyarakat. Penelitian ini akan menguraikan tentang fenomena yang terjadi di masyarakat yaitu Faktor apa saja yang menyebabkan masyarakat menghadiri pengajian tersebut? Apa saja kontribusi pengajian Tafsir al-Ibriz dalam pengajian ahad pagi di pondok pesantren al-Itqon Semarang kepada masyarakat? Bagaimana persepsi masyarakat terhadap Tafsir al-Ibriz dalam pengajian ahad pagi di pondok pesantren al-Itqon Semarang? Metode yang akan digunakan adalah deskriptifanalisis dengan pendekatan psikologi-partisipasi. Sedangkan teknik pengolahan data penulis melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Faktor-faktor yang melatarbelakangi pengajian tersebut diminati oleh masyarakat di antaranya adalah adanya perintah agama tentang menuntut ilmu; kebutuhan masyarakat terhadap penjelasan al- Qur’an (tafsir); kebutuhan rohani; penyampaian yang mudah dipahami; ajakan dari teman atau saudara; dilaksanakan pada hari minggu. Pengajian Tafsir al-Ibriz di pondok pesantren al-Itqon Semarang memiliki beberapa kontribusi kepada masyarakat, di antaranya adalah mengajarkan tafsir kepada masyarakat awam; melestarikan tradisi makna gandul; melindungi masyarakat dari kebudayaan asing yang merusak; memberikan motivasi kehidupan beragama. Persepsi masyarakat terhadap Tafsir al-Ibriz terdapat 5 poin di antaranya : pertama, Tafsir al-Ibriz merupakan kitab yang cocok bagi orang awam; kedua, kitab yang sesuai dengan masyarakat Jawa; ketiga, kitab yang bagus bagi para santri; keempat, mampu menjelaskan semua isi al-Qur’an; kelima, kitab yang ringkas tetapi memahamkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Dr. Ahmad Baidowi, M.Si,
Uncontrolled Keywords: TAFSIR AL-IBRIZ,PENGAJIAN,AL-ITQON
Subjects: Tafsir Hadist
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Tafsir Hadist (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 17 Jun 2014 01:49
Last Modified: 24 Aug 2018 08:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12823

Actions (login required)

View Item View Item