MINORITAS MUSLIM DI KALANGAN MAYORITAS KRISTEN ( STUDI DI DUSUN NGENTO-ENTO, SUMBERAGUNG, MOYUDAN, SLEMAN )

SALEH TRI ARYANTO , NIM. 07520009 (2013) MINORITAS MUSLIM DI KALANGAN MAYORITAS KRISTEN ( STUDI DI DUSUN NGENTO-ENTO, SUMBERAGUNG, MOYUDAN, SLEMAN ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MINORITAS MUSLIM DI KALANGAN MAYORITAS KRISTEN ( STUDI DI DUSUN NGENTO-ENTO, SUMBERAGUNG, MOYUDAN, SLEMAN ))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (MINORITAS MUSLIM DI KALANGAN MAYORITAS KRISTEN ( STUDI DI DUSUN NGENTO-ENTO, SUMBERAGUNG, MOYUDAN, SLEMAN ))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (476kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Minoritas Muslim Di Kalangan Mayoritas Kristen (Studi di Dusun Ngento-ento, Sumberagung, Moyudan, Sleman)” merupakan penelitian lapangan atau Field Research yang didukung dengan wawancara kepada narasumber yang berkopeten terhadap tema ini. Ngento-ento adalah realitas unik di aantara Dusun-dusun yang ada di Sumberagung, Ngento-ento merupakan satu-satunya Dusun yang memiliki penduduk minoritas Muslim, Skripsi ini membahas keharmonisan mayoritas- minoritasnya baik dalam hal keyakin keagamaan maupun kehidupan bermasyarakat sehari-hari. Sikap ini tercermin dari perilaku masyarakat sekitar dalam membantu acara keagamaan agama lain. Besar kecilnya ukuran jumlah penduduk yang kemudian dikerucutkan menjadi mayoritas dan minoritas tidak perlu lagi diperdebatkan,meskipun konsep ini sering diperbandingkan secara sistematis atau nominal penduduk. Walaupun Muslim di daerah ini adalah kelompok minoritas namun jauh dari kesan diskriminasi. Skripsi ini menggunakan pendekatan Sosiologis dan Historis, pendekatan sosiologis digunakan untuk memahami hubungan antara agama dan kehidupan sosial di masyarakat ataupun sebaliknya. Pendekatan historis dalam hal ini di gunakan untuk menggali data-data yang ada dalam masyarakat, tentang hubungan masyarakat setempat sebelum penelitian ini di lakukan. Subjek penelitian dalam skripsi ini adalah sumber utama data penelitian yaitu yang memiliki data mengenai variabel-variabel yang diteliti. Dengan kata lain dalam penelitian kualitatif ini, subjek penelitian disebut juga dengan nara sumber. Nara sumber yang diambil sebagai sampel penelitian ini diambil menggunakan teknik purposive sampling. Purposive sampling yaitu nara sumber diambil dari subjek yang mengetahui, memahami, dan mengalami langsung dalam hubungan sosial masyarakat minoritas Muslim dan mayoritas Kristen di Ngentoento. Sedang hasil dari penelitian ini adalah, diketahuinya pola hubungan masyarakat setempat yang meliputi proses asosiatif dan disosiatif dalam kehidupan masyarakat setempat, terutama perihal keyakin keagamaan, dan dalam kehidupan sehari-hari mereka masih mengedepankan budaya jawa dalam bertutur kata dan tingkah laku, Dalam hal pola hubungan antar agama dalam masyarakat ini mereka telah dapat menempatkan konteks di mana dan kapan harus menempatkan sikap eksklusif inklusif pluralis dan interprenetasi,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Singgih Basuki, MA.
Uncontrolled Keywords: MINORITAS,MUSLIM,KRISTEN
Subjects: Perbandingan Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Perbandingan Agama (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 17 Jun 2014 09:06
Last Modified: 24 Aug 2018 15:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12825

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum