UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR COGNITIF DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI THREE-STAGE FISHBOWL SUN POKOK BAHASAN KELAINAN PADA SISTEM GERAK MANUSIA UNTUK SISWA KELAS XI SEMESTER I MA AL ISLAH PERSIS 92 MAJALENGKA

FENY NURHASANAH - NIM. 03450455, (2008) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR COGNITIF DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI THREE-STAGE FISHBOWL SUN POKOK BAHASAN KELAINAN PADA SISTEM GERAK MANUSIA UNTUK SISWA KELAS XI SEMESTER I MA AL ISLAH PERSIS 92 MAJALENGKA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran biologi subpokok bahasan kelainan yang terjadi pada sistem rangka manusia dengan menggunakan strategi Three-Stage Fishbowl, dan apakah strategi three-stage fishbowl dapat terlaksana pada pembelajaran di kelas XI IPA MA Al Islah PERSIS 92 Majalengka Tahun Ajaran 2007/2008, mengetahui berapa siklus yang dibutuhkan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar biologi. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research/CAR), yang meliputi proses perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Keberhasilan pembelajaran ini ditunjukan dengan adanya peningkatan motivasi belajar siswa yang diperoleh dari hasil observasi selama siswa mengikuti pembelajaran biologi menggunkan strategi three-stage fishbowl dan prestasi belajar siswa diperoleh dari hasil kemampuan siswa mengerjakan pre test dan post test sebelum dan sesudah pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan memaparkan presentase siswa yang motivasi dan prestasi belajarnya meningkat dalam 2 siklus pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan motivasi dan prestasi belajar biologi dengan menggunakan strategi three-stage fishbowl dalam materi kelainan yang terjadi pada sistem rangka manusia. Peningkatan ini terlihat dari peningkatan nilai rata-rata motivasi dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini menunjukan bahwa strategi three-stage fishbowl dapat terlaksana di kelas XI IPA MA Al Islah PERSIS 92 Majalengka dengan banyaknya presenatse keterlaksanaan strategi three-stage fishbowl yang dialakukan siswa pada tiap siklus pembelajaran. Peningkatan motivasi dan prestasi belajar biologi siswa kelas XI IPA MA Al Islah PERSIS 92 Majalengka menggunakan strategi three-stage fishbowl dilaksanakan sebanyak 2 siklus pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: b Pembimbing : /b Drs. Sudjoko, M.S.
Uncontrolled Keywords: Strategi Three-Stage Fishbowl, motivasi, prestasi belajar.
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1285

Actions (login required)

View Item View Item