METODE PENANGANAN MASALAH GIZI BURUK SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN ANAK (STUDI KASUS DI RUMAH PEMULIHAN GIZI YOGYAKARTA)

TIEKA KUSUMA WARDHANI , NIM. 10250041 (2014) METODE PENANGANAN MASALAH GIZI BURUK SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN ANAK (STUDI KASUS DI RUMAH PEMULIHAN GIZI YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (METODE PENANGANAN MASALAH GIZI BURUK SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN ANAK (STUDI KASUS DI RUMAH PEMULIHAN GIZI YOGYAKARTA))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (METODE PENANGANAN MASALAH GIZI BURUK SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN ANAK (STUDI KASUS DI RUMAH PEMULIHAN GIZI YOGYAKARTA))
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

TIEKA KUSUMA WARDHANI. Metode Penanganan Masalah Gizi Buruk Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Anak (Studi Kasus di Rumah Pemulihan Gizi Yogyakarta). Skripsi. Yogyakarta. Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial. Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga. 2014. Latar belakang penelitian ini adalah masalah kesehatan dan gizi, maka anak usia tiga sampai lima tahun merupakan kelompok yang paling rentan mempunyai risiko menderita kelainan gizi yang bisa berujung pada kematian. Keterlambatan dalam memberikan pelayanan gizi akan berakibat kerusakan yang sukar atau malahan tidak dapat ditolong. Keterkaitan antara kesejahteraan anak dengan gizi buruk dimana penderita gizi buruk mengalamai tingkat asupan makanan yang kurang baik sehingga berujung pada kesehatan si balita. Jika dibiarkan akan berdampak buruk pada tumbuh kembang si balita. Salah satu bentuk pelayanan yang diberikan bagi penderita gizi buruk adalah Rumah Pemulihan Gizi Yogyakarta. Fokus permasalahan penelitian ini adalah bagaimana metode penanganan yang diberikan oleh Rumah Pemulihan Gizi Yogyakarta, serta apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam setiap metode yang diberikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Rumah Pemulihan Gizi Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskripsi kualitatif. Uji keabsahan data menggunakan menggunakan teknik triangulasi dengan membandingkan hasil wawancara dengan suatu dokumen dan artikel baik dari internet maupun buku yang berkaitan serta hasil dari observasi yang dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan: Rumah Pemulihan Gizi Yogyakarta memiliki 4 macam metode yang diberikan kepada penderita gizi buruk atau gizi kurang yang cakupan metode tidak hanya untuk anak yang menderita gizi buruk atau kurang, tetapi orang tua juga ikut mendapatkan intervensi. Masing-masing metode yang diberikan berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan anak, diantaranya skrining gizi, pemeriksaan gizi, konsultasi gizi, pemeriksaan tumbuh kembang, dan perawatan jika balita dinyatakan dalam status gizi buruk atau status gizi kurang hampir mendekati gizi buruk. Faktor pendukung diantaranya yaitu: pelaksana masing-masing metode berasal dari yang ahli dibidangnya, dan adanya fasilitas pendukung dalam melakukan proses penanganan kepada balita yang mangalami permasalahan pada gizi. Faktor penghambat proses penanganan diantaranya yaitu: kurangnya tenaga saat melakukan proses skrining gizi, dokter-dokter yang melaksanakan metode yang lain sering datang terlambat, kondisi orang tua balita yang masih belum sadar akan kesehatan anaknya, dan balita yang tidak stabil sehingga akan memperlambat proses penanganan yang diberikan seperti tertidur, sakit, menangis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Lathiful Khuluq, MA., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kesejahteraan Anak, Penanganan Gizi Buruk.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 17 Jun 2014 06:24
Last Modified: 22 Oct 2015 02:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12855

Actions (login required)

View Item View Item