BENTUK-BENTUK PEMIDANAAN ANAK DALAM UU NO. 3 TAHUN 1997 TENTANG PENGADILAN ANAK PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Pasal 23 UU No. 3 Tahun 1997 tentang Pengadilan Anak)

EKA ZEZEN HELAYANI , NIM: 09370049 (2013) BENTUK-BENTUK PEMIDANAAN ANAK DALAM UU NO. 3 TAHUN 1997 TENTANG PENGADILAN ANAK PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Pasal 23 UU No. 3 Tahun 1997 tentang Pengadilan Anak). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (BENTUK-BENTUK PEMIDANAAN ANAK DALAM UU NO. 3 TAHUN 1997 TENTANG PENGADILAN ANAK PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Pasal 23 UU No. 3 Tahun 1997 tentang Pengadilan Anak))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BENTUK-BENTUK PEMIDANAAN ANAK DALAM UU NO. 3 TAHUN 1997 TENTANG PENGADILAN ANAK PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Pasal 23 UU No. 3 Tahun 1997 tentang Pengadilan Anak))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Lahirnya Undang-Undang tentang Pengadilan Anak yang tercantum dalam Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1997 merupakan salah satu pengembangan atau pembaharuan dalam sistem pemidanaan anak di Indonesia. Tujuan dikeluarkannya undang-undang tersebut antara lain memberikan perlindungan bagi masa depan anak demi tercapainya kesejahteraan mereka secara keseluruhan. Salah satu pasal yang mengatur ketentuan tersebut adalah pasal 23 No. 23 Tahun 1997 yang menjelaskan tentang ancaman pidana dan sanksi tindakan. Penerapan pasal untuk anak yang melakukan tindak pidana bukan bukan sebagai pembalasan hukuman, akan tetapi untuk melindungi masa depan anak. Salah satu hak asasi anak adalah jaminan memperoleh perlindungan hukum yang sesuai dengan nilai-nilai agama dan kemanusiaan. Jaminan perlindungan hak asasi tersebut sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan tujuan negara sebagaimana diatur dalam UUD 1945. Perlindungan anak tersebut bertujuan untuk menjamin terpenuhinya hak-hak anak agar dapat hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan martabat dan harkat kemanusiaan, serta demi terwujudnya anak Indonesia yang berakhlaqul karimah, berkualitas, dan bermoral. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research).Dilakukan dengan mengkaji bahan-bahan pustaka seperti buku, jurnal, skripsi, surat kabar dan sumber pustaka lain yang relevan dan merujuk pada permasalahan penelitian. Sifat penelitian ini adalah deskriptif-analistik, yang berupa menafsirkan kandungan pasal 23 UU No 3 tahun 1997 yang ternyata terdapat beberapa kelemahan substansial dan implementatif menyangkut hak-hak anak. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah normatif-yurisdis, yang dilakukan dengan melihat Undang-Undang dan ketentuan yang terdapat dalam hukum Islam. Dalam menyusun skripsi ini, penulis menggunakan beberapa sumber data, baik sumber primer maupun sekunder. Analisa dilakukan dengan metode content analysis (analisa isi) dengan melakukan penganalisaan kandungan pasal 23 Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1997 tentang Pengadilan Anak perspektif hukum Islam Penelitian ini memberikan penjelasan bahwa ancaman pidana yang diberlakukan dalam pasal 23 Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1997 menurut perspektif Islam termasuk hukuman ta’zir. Penjatuhan hukuman ta’zir lebih menitikberatkan dalam tujuan untuk pencegahan dan pendidikan. Namun demikian, bentuk pemidanaan berupa hukuman penjara dan kurungan sudah tidak sesuai dengan dinamika perkembangan zaman karena pada kenyataanya penjara dan kurungan memberikan dampak negatif dan mengancam hak serta jaminan kesejahteraan anak. Oleh karena itu, ancaman pidana pokok berupa penjara dan kurungan yang diberlakukan pada anak dalam pasal 23 tidak sesuai lagi dengan tujuan pemidanaan hukum Islam dan tujuan penerapan hukuman takzir sehingga memerlukan pembaharuan kembali agar penerapan hukumannya berdasarkan pertimbangan al-istiadah anak untuk mewujudkan maslahah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING : DR. OCKTOBERRINSYAH, M.AG.
Uncontrolled Keywords: Bentuk pemidanaan anak
Subjects: Jinayah Siyasah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Jinayah Siyasah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Jun 2014 14:00
Last Modified: 28 Apr 2016 09:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12862

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum