EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE MIND MAPS TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN quot;SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA quot; PADA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI NGEMPLAK YOGYAKARTA

INAYATI ULYA FIDIANA - NIM. 01450822, (2008) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE MIND MAPS TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN quot;SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA quot; PADA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI NGEMPLAK YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui efektivitas penggunaan mind maps terhadap prestasi belajar biologi pokok bahasan sistem peredaran darah manusia, (2) mengetahui pengaruh metode mind maps terhadap peningkatan aktivitas dan partisipasi siswa (3) mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaan metode mind maps. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experimental), dengan desain pretest posttest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester II MTs Negeri Ngemplak Sleman Yogyakarta. Sampel penelitian ini adalah 2 kelas yang dipilih dengan teknik cluster sampling yaitu kelas VIIIC sebagai kelas/kelompok eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas/kelompok kontrol. Analisis data meliputi statistik inferensial (uji hipotesis statistik) dan analisis deskriptif. Hipotesis penelitian diuji dengan uji-t, sebelum pengujian hipotesis, dilakukan uji pendahuluan (prasyarat), yaitu uji normalitas dan uji homogenitas varians. Pengujian hipotesis dan uji pendahuluan dilakukan dengan menggunakan program paket SPS 2000 edisi Sutrisno Hadi dan Yuni Parmadiningsih. Hasil penelitan menunjukkan bahwa (1) penggunaan metode mind maps efektif dalam meningkatkan prestasi belajar biologi pokok bahasan sistem peredaran darah manusia, terbukti adanya perbedaan yang nyata pembelajaran dengan menggunakan metode mind maps dan pembelajaran konvensional (2) penggunaan metode mind maps pada mata pelajaran biologi pokok bahasan sistem peredaran darah manusia berpengaruh positif terhadap peningkatan aktivitas dan partisipasi siswa dalam kerja kelompok, peningkatan aktivitas siswa terdapat pada aspek tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas, kemampuan membuat mind maps dan kerjasama dengan kelompok (3) siswa memberi tanggapan positif terhadap penggunaan metode mind maps pada mata pelajaran biologi pokok bahasan sistem peredaran darah manusia, dilihat dari banyaknya siswa yang meyatakan persetujuannya disbanding dengan yang tidak setuju.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: b Pembimbing : /b Drs. Satino, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, metode, mind maps, peningkatan, prestasi belajar biologi, Mts Negeri Ngemplak, Sleman.
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1287

Actions (login required)

View Item View Item