IMPLEMENTASI PENILAIAN BERBASIS KELAS RANAH AFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS XI SEMESTER 1 TAHUN 2013/2014 DI MAN YOGYAKARTA II

M. FAHMI HASAN , NIM. 10410155 (2014) IMPLEMENTASI PENILAIAN BERBASIS KELAS RANAH AFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS XI SEMESTER 1 TAHUN 2013/2014 DI MAN YOGYAKARTA II. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENILAIAN BERBASIS KELAS RANAH AFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS XI SEMESTER 1 TAHUN 2013/2014 DI MAN YOGYAKARTA II)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (63MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENILAIAN BERBASIS KELAS RANAH AFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS XI SEMESTER 1 TAHUN 2013/2014 DI MAN YOGYAKARTA II)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (995kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan meninjau penilaian berbasis kelas ranah afektif pada pelajaran Aqidah Akhlak kelas XI di MAN Yogyakarta II dan latar belakang penelitian ini adalah masalah dalam pembelajaran PAI terletak pada evaluasi hasil belajar ranah afektif, yaitu masalah menggunakan ukuran keberhasilan secara formalitas, yaitu penilaian hasil belajar PAI yang masih bersifat verbalisitis. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah keilmuan guru dan pakar evaluasi untuk merancang dan mendokumentasikan tentang penilaian berbasis kelas ranah afektif pada pelajaran Aqidah Akhlak kelas XI di MAN Yogyakarta II. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di MAN Yogyakarta II. Subyek data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XI MAN Yogyakarta II. Pengumpulan data dilakukan dengan melalui pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan deskriptif kualitatif. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan melalui teknik triangulasi data. Dari hasil penelitian dan analisis diperoleh temuan sebagai berikut:1) Pelaksanaan penilaian berbasis kelas ranah afektif dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di MAN Yogyakarta II menggunakan teknik observasi dan skala sikap sedangkan instrumennya meliputi anecdotal record dan blangko penilaian akhlak mulia dan kepribadian. 2) Hasil penilaian belajar ranah afektif dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di MAN Yogyakarta II dengan menggunakan teknik observasi dan anecdotal record diketahui bahwa 95% peserta didik disiplin dalam mengikuti pembelajaran Aqidah Akhlak serta mempunyai sikap dan respon yang baik terhadap pembelajaran tersebut, sehingga mereka dapat menerima pelajaran yang telah disampaikan oleh guru dengan baik, peserta didik mau bertanya dan menjawab pertanyaan tentang materi yang disampaikan oleh guru. Selain itu peserta didik juga berperilaku baik ketika bermain, baik terhadap teman-temanya, guru-guru maupun pegawai madrasah. 3) Kendalakendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan penilaian berbasis kelas ranah afektif dalam pembelajaran Aqidah Akhlak antara lain waktu yang kurang maksimal, tingkat kesulitan materi, lemahnya kompetensi guru, dan latar belakang peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Hj. Sri Sumarni, M.Pd.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Jun 2014 12:00
Last Modified: 18 Jun 2014 12:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12882

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum