PILIHAN REMAJA PADA DUNIA KERJA (STUDI KASUS DI KAMPUNG GLENDONGAN, DUSUN TAMBAKBAYAN, CATURTUNGGAL, DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA)

FITRIA RESTI DWI SARI , NIM. 10250059 (2014) PILIHAN REMAJA PADA DUNIA KERJA (STUDI KASUS DI KAMPUNG GLENDONGAN, DUSUN TAMBAKBAYAN, CATURTUNGGAL, DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PILIHAN REMAJA PADA DUNIA KERJA (STUDI KASUS DI KAMPUNG GLENDONGAN, DUSUN TAMBAKBAYAN, CATURTUNGGAL, DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (870kB) | Preview
[img] Text (PILIHAN REMAJA PADA DUNIA KERJA (STUDI KASUS DI KAMPUNG GLENDONGAN, DUSUN TAMBAKBAYAN, CATURTUNGGAL, DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA))
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (734kB)

Abstract

Remaja adalah masa peralihan atau transisi dari kanak-kanak menuju dewasa. Menurut Hurlock, masa remaja terbagi menjadi dua tahapan yakni masa remaja awal dan masa remaja akhir. Tahap usia remaja awal adalah 13 – 17 tahun, sedangkan tahap usia remaja akhir adalah 17 – 21 tahun. Masa remaja awal merupakan masa usia Sekolah Menengah Pertama (SMP) sampai dengan usia Sekolah Menegah Atas (SMA), dimana pada masa ini seseorang sedang dalam pencarian identitas, sehingga pada masa ini lah tumbuh kembang seseorang ketika dewasa dapat dilihat. Pilihan remaja pada dunia kerja merupakan suatu kondisi dimana remaja awal, khususnya di Kampung Glendongan ini menjatuhkan keputusannya untuk bekerja, namun disisi lain remaja awal tersebut meninggalkan pendidikan formalnya. Banyaknya remaja awal yang mengalami putus sekolah dan memilih untuk bekerja membuat peneliti tertarik untuk meneliti alasan apa yang melatarbelakangi remaja awal di Kampung Glendongan tersebut memilih keputusan untuk bekerja daripada menyelesaikan sekolahnya terlebih dahulu, yang kemudian baru memilih untuk bekerja. Jenis penelitian yang membahas persoalan pilihan remaja ini adalah kualitatif dan digolongkan sebagai studi kasus yang sifatnya deskriptif. Dan teori yang digunakan adalah (1) remaja awal yaitu digunakan sebagai acuan dalam subyek penelitian agar tidak terjadi perluasan bahasan (2) pilihan yang juga digunakan untuk acuan dalam mengetahui faktor yang melatarbelakangi pilihan remaja tersebut (3) motivasi yang digunakan untuk mengetahui dorongandorongan apa saja yang menyebabkan remaja awal tersebut memilih keputusan. Dalam penelitian ini digunakan metode triangulasi, baik teknik, maupun sumber agar mendapatkan data yang maksimal. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti maka dapat diketahui bahwa alasan-alasan pilihan untuk berhenti dari sekolah dan kemudian bekerja karena kemauan diri sendiri, yang dimana masih adanya pandangan mengenai materi dan mengenai dunia pendidikan, lingkungan, kenakalan remaja, dan ekonomi yang lemah. Dari hasil penelitian juga disebutkan bahwa faktor ekonomi yang lemah dalam keluarga bukanlah menjadi alasan terbesar dalam pengambilan keputusan tersebut. Dengan adanya pilihan remaja awal di Kampung Glendongan tersebut juga memiliki dampak atau akibat, baik bagi dirinya sendiri maupun orang lain, yakni kurang terkontrolnya perilaku remaja awal. Secara tidak langsung pilihan tersebut memberi gambaran atau contoh bagi generasi-generasi baru yang akan memasuki dunia pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : M. Izzul Haq
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: remaja awal, pilihan
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 18 Jun 2014 07:45
Last Modified: 21 Oct 2015 02:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12897

Actions (login required)

View Item View Item