HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA MAN LAB UIN YOGYAKARTA KELAS XI IPS

UMI FATMAWATI , NIM. 10220066 (2014) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA MAN LAB UIN YOGYAKARTA KELAS XI IPS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA MAN LAB UIN YOGYAKARTA KELAS XI IPS)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA MAN LAB UIN YOGYAKARTA KELAS XI IPS)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penulis meneliti tentang hubungan motivasi belajar dengan perilaku prokrastinasi akademik di MAN Lab UIN Yogyakarta kelas XI IPS. Perilaku prokrastinasi akademik adalah kecenderungan seseorang menunda pekerjaan atau tugas. Perilaku prokrastinasi dapat ditenggulangi dengan faktor-faktor yang mempengaruhi. Salah satu faktor tersebut yaitu faktor psikologi. Faktor psikologis adalah faktor yang berasal dari dalam diri yaitu kepribadian seseorang. Faktor psikologis salah satunya yaitu motivasi. Motivasi adalah suatu dorongan yang berasal dari dalam maupun luar diri seseorang untuk mencapai suatu tujuan yang sudah ditentukan Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan hubungan antara motivasi belajar dengan prilaku prokrastinasi akademik. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan prilaku prokrastinasi akademik, semakin tinggi motivasi belajarnya, maka semakin rendah prilaku prokrastinasi akademiknya, sebaliknya semakin rendah motivasi belajarnya , maka semakin tinggi pula prilaku prokrastinasi akademiknya siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Subjek yang dilibatkan dalam penelitian ini berjumlah 56 siswa yang diambil menggunakan teknik populasi sempling. Alat pengumpulan data menggunakan skala motivasi belajar dan skala prilaku prokrastinasi akademik. Analisis data dengan menggunakan studi korelasi Product Moment dari Pearson dengan program SPSS 16.00 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan negatif yang signifikan antara motivasi belajar dengan prilaku prokrastinasi akademik, yang memiliki koefisien korelasi (rxy) = -0.865 dengan p = 0,000 (p ˂ 0,01). Hal ini mengindikasikan semakin tinggi motivasi belajar maka semakin rendah pula prilaku prokrastinasi akademik siswa. Sebaliknya semakin rendah motivasi belajar maka semakin tinggi prilaku prokrastinasi akademik siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Nailul Falah, S.Ag, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : motivasi belajar, prilaku prokrastinasi akademik
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Jun 2014 13:50
Last Modified: 29 Oct 2015 15:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12907

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum