HUBUNGAN ANTARA PENGAMALAN SHALAT TAHAJUD DENGAN KEPERCAYAAN DIRI MENGHADAPI UJIAN NASIONAL PADA SISWA KELAS XII MA NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

MEGA AYU PUSPITASARI , NIM. 10220008 (2014) HUBUNGAN ANTARA PENGAMALAN SHALAT TAHAJUD DENGAN KEPERCAYAAN DIRI MENGHADAPI UJIAN NASIONAL PADA SISWA KELAS XII MA NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( HUBUNGAN ANTARA PENGAMALAN SHALAT TAHAJUD DENGAN KEPERCAYAAN DIRI MENGHADAPI UJIAN NASIONAL PADA SISWA KELAS XII MA NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (18MB) | Preview
[img] Text ( HUBUNGAN ANTARA PENGAMALAN SHALAT TAHAJUD DENGAN KEPERCAYAAN DIRI MENGHADAPI UJIAN NASIONAL PADA SISWA KELAS XII MA NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

MEGA AYU PUSPITASARI. Hubungan antara Pengamalan Shalat Tahajud dengan Kepercayaan Diri Menghadapi Ujian Nasional Pada Siswa Kelas XII MA Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Yogyakarta: Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Pentingnya menumbuhkan kepercayaan diri pada siswa menjelang Ujian Nasional dapat dilakukan dengan berbagai cara salah satunya mengamalkan shalat tahajud. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan positif yang signifikan antara pengamalan shalat tahajud dengan kepercayaan diri dalam menghadapi Ujian Nasional. Variabel pengamalan shalat tahajud menggunakan indikator yang dikemukakan Zakiah Daradjat yakni rutinitas, kekhusyukan, keikhlasan, dan penghayatan. Sedangkan variabel kepercayaan diri menggunakan aspek-aspek dari Peter Lauster yakni keyakinan pada kemampuan diri, optimis, obyektif, bertanggung jawab, dan rasional atau realistis. Jenis penelitian adalah kuantitatif korelasi searah dengan jumlah populasi kelas XII IPA dan IPS adalah 30 siswa sehingga disebut penelitian populasi. Pengumpulan data menggunakan alat ukur psikologi yaitu skala/kuesioner pengamalan shalat tahajud dan kepercayaan diri. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan correlation product moment dari Pearson dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Hasil analisis menunjukkan nilai korelasi Pearson antara pengamalan shalat tahajud (variabel X) dengan kepercayaan diri (variabel Y) diketahui r = 0,749 dengan nilai p = 0,000 (p < 0,01). Sehingga disimpulkan terdapat hubungan positif yang signifikan antara pengamalan shalat tahajud dengan kepercayaan diri menghadapi Ujian Nasional dan hipotesis dalam penelitian ini dinyatakan diterima. Sumbangan pengamalan shalat tahajud pada kepercayaan diri sebesar 54,5%, sisanya 45,5% dipengaruhi faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Nurjannah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pengamalan shalat tahajud, kepercayaan diri menghadapi Ujian Nasional
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Jun 2014 13:54
Last Modified: 19 Oct 2015 15:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12909

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum