PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS EDUTAINMENT BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH PROFESSIONAL 8 UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN UNTUK SISWA SMP/MTs

EDI CAHYONO, NIM. 10600006 (2014) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS EDUTAINMENT BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH PROFESSIONAL 8 UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN UNTUK SISWA SMP/MTs. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS EDUTAINMENT BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH PROFESSIONAL 8 UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN UNTUK SISWA SMP/MTs)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (68MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS EDUTAINMENT BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH PROFESSIONAL 8 UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN UNTUK SISWA SMP/MTs)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis edutainment yang berkualitas berbantuan macromedia flash professional 8 pokok bahasan lingkaran untuk Siswa SMP/MTs, 2) mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis edutainment, 3) meningkatkan minat belajar siswa terhadap kegiatan pembelajaran menggunakan media pembelajaran matematika berbasis edutainment berbantuan macromedia flash professional 8, 4) memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep siswa menggunakan media pembelajaran matematika berbasis edutainment berbantuan macromedia flash professional 8. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Research and Development (prosedural), yaitu model Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation atau yang biasa disebut dengan model ADDIE. Pengembangan ini menggunakan lima tahapan, sehingga menghasilkan media pembelajaran matematika. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi angket ahli materi, angket ahli media, angket respon siswa, angket minat belajar dan soal post test. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran matematika berbasis edutainment pada materi lingkaran dinyakatan sangat baik, dapat meningkatkan minat belajar dan memfasilitasi pemahaman konsep siswa. Hal tersebut berdasarkan: (1) Penilaian oleh ahli materi dengan skor rata-rata 90,75 atau 86,43% dengan kriteria “sangat baik”. Sedangkan penilaian ahli media dengan skor rata-rata 86 atau 81,90% dengan kriteria “sangat baik”. (2) Penilaian siswa melalui angket respon, diperoleh skor rata-rata 2,97 atau 45,24 dengan kriteria “baik atau positif”. (3) Angket minat belajar, diperoleh skor rata-rata sebelum tindakan 59,63% dengan kategori sedang dan sesudah tindakan 75,03% dengan kategori tinggi. (4) Evaluasi post test, didapatkan ketuntasan belajar siswa mencapai presentase 67,74% dengan kriteria baik dari 31 siswa, banyak siswa yang tuntas 21 siswa dan yang tidak tuntas 10 siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Sintha Sih Dewanti, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: media pembelajaran, edutainment, minat belajar, pemahaman konsep, lingkaran.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 19 Jun 2014 07:12
Last Modified: 27 Jan 2016 02:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12916

Actions (login required)

View Item View Item