PENENTUAN STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT PADA PRODUK KAOS DI PT. ASELI DAGADU DJOGJA, YOGYAKARTA

ACHMAD SYAMSUL ARIFIN , NIM. 08660077 (2014) PENENTUAN STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT PADA PRODUK KAOS DI PT. ASELI DAGADU DJOGJA, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PENENTUAN STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT PADA PRODUK KAOS DI PT. ASELI DAGADU DJOGJA, YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (813kB) | Preview
[img] Text ( PENENTUAN STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT PADA PRODUK KAOS DI PT. ASELI DAGADU DJOGJA, YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di PT. Aseli Dagadu Djogja yang berlokasi di Jl Ikip PGRI No.50 Yogyakarta. Dalam era industri sekarang ini keanekaragaman model dan mutu dari suatu produk menjadi satu faktor yang sangat penting dan tidak dapat dipisahkan dari proses keberhasilan suatu perusahaan. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor internal dan faktor eksternal perusahaan yaitu kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Mencari posisi usaha perusahaan berdasarkan metode analisis SWOT dan MDTI. Menentukan strategi pengembangan produk dengan menggunakan analisis SWOT . strategi tersebut dilihat dari faktor eksternal dan factor internal. Dari hasil Analisis SWOT yang dilakukan terhadap kekuatan dan kelemahan (variabel internal) yang kemudian dilakukan perhitungan yang berdasarkan pada Tabel IFAS (Internal Strategic Factors Analysis Summary), didapat nilai total skor 3,62. Sedangkan untuk perhitungan terhadap ancaman dan peluang (variabel eksternal) yang kemudian dilakukan perhitungasn berdasarkan pada Tabel EFAS (External Strategic Factors Analysis Summary) didapatkan nilai total skor 3,00. Sehingga apabila dari kedua total nilai skor yang didapat dimasukkan dalam bagan analisis SWOT, posisi usaha PT. Aseli Dagadu Djogja berada pada kuadran 1 ( agresif ). Hal ini berarti PT. Aseli Dagadu Djogja memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. Strategi yang di terapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (Growth oriented strategy).. Strategi pengembangan produk yang harus di lakukan oleh perusahaan adalah sebagai berikut : Pengembangan produk kaos dengan memperbanyak design yang unik dan khas pengembangan produk kaos dengan harga yang bervariatif. Pengembangan produk dengan menambahkan asesoris-asesoris yang menarik di geraigerai Dagadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Ira Setyaningsih, S.T, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Strategi, SWOT, MDTI
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 19 Jun 2014 14:34
Last Modified: 23 Mar 2016 10:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12919

Actions (login required)

View Item View Item