INTERNALISASI NILAI-NILAI TAUHID DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENUMBUHKAN PLURALISME DI SMA NEGERI 3 BANTUL TAHUN PELAJARAN 2013/2014

TRI WIDIYANTO , NIM. 10411056 (2014) INTERNALISASI NILAI-NILAI TAUHID DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENUMBUHKAN PLURALISME DI SMA NEGERI 3 BANTUL TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (INTERNALISASI NILAI-NILAI TAUHID DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENUMBUHKAN PLURALISME DI SMA NEGERI 3 BANTUL TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (INTERNALISASI NILAI-NILAI TAUHID DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENUMBUHKAN PLURALISME DI SMA NEGERI 3 BANTUL TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal dari munculnya masalah yang terkait dengan sikap dan perilaku sebagian siswa yang secara paham keagamaan bersifat eksklusif. SMA Negeri 3 Bantul merupakan sekolah yang telah menerapkan nilainilai pendidikan karakter yang di dalamnya mengedepankan toleransi, cinta damai dan inklusifitas. Sebagian besar warga sekolah sudah inklusif dan toleransi terhadap perbedaan yang ada di SMA. Namun ada siswa yang eksklusif terhadap pemeluk agama lain. Eksklusifitas pemahaman keagamaan terjadi karena fanatisme siswa terhadap ajaran agamanya sendiri. Dampak dari sifat tersebut terhadap perilaku yang sukar untuk bergaul dan membaur dengan teman yang lain yang berbeda agama, serta saling salah menyalahkan ajaran agama yang lain. Fokus kajian dan penelitian kepada pengajaran pendidikan Agama Islam yang didalamnya mengandung nilai-nilai tauhid memiliki peran penting dalam menumbuhkan sikap pluralisme terhadap pembentukan perilaku siswa. Yang menjadi permasalahan adalah bagaimana proses penanaman nilai-nilai tauhid dalam Pendidikan Agama Islam untuk menumbuhkan pluralisme dan apa implikasi dari penanaman nilai-nilai tauhid dalam Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Internalisasi Nilai-Nilai Tauhid dalam Pendidikan Agama Islam Untuk Menumbuhkan Pluralisme di SMA Negeri 3 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif, dengan mengambil latar SMA Negeri 3 Bantul. Subyek penelitian ini adalah guru PAI, kepala sekolah, dan siswa SMA Negeri 3 Bantul sedangkan obyek penelitiannya adalah Internalisasi Nilai-Nilai Tauhid dalam Pendidikan Agama Islam untuk Menumbuhkan Pluralisme di SMA Negeri 3 Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) proses penanaman nilai tauhid dilakukan dalam pembelajaran PAI melalui melalui materi rukun iman yaitu iman kepada Allah dan iman kepada kitab Allah. Serta dalam kegiatan tadarus sebagai wujud iman kepada Allah dan kitabNya. (2) Penanaman nilai tauhid dalam pendidikan agama Islam memberikan implikasi positif dalam upaya menumbuhkan pluralisme di SMA Negeri 3 Bantul. Sebagai wujud iman kepada Allah, siswa SMA Negeri 3 Bantul mengaplikasikan nilai-nilai tauhid di lingkungan sekolah dengan saling menghargai, menghormati, tidak membedabedakan dalam pemberian hak kepada setiap individu, tidak saling menjatuhkan dan mengakui keberagaman sebagai suatu rahmat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Karwadi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Internalisasi Nilai Tauhid, PAI, Pluralisme, SMA Negeri 3 Bantul.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Jun 2014 16:13
Last Modified: 28 Jul 2017 09:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12930

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum