“ UPAYA PERLINDUNGAN ANAK DI RSUP DR.SARDJITO YOGYAKARTA (STUDI KASUS PERAN PEKERJA SOSIAL MEDIS DALAM PENANGANAN BAYI TERLANTAR) “

FAIZAH ROHMAH , NIM. 10250035 (2014) “ UPAYA PERLINDUNGAN ANAK DI RSUP DR.SARDJITO YOGYAKARTA (STUDI KASUS PERAN PEKERJA SOSIAL MEDIS DALAM PENANGANAN BAYI TERLANTAR) “. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (“ UPAYA PERLINDUNGAN ANAK DI RSUP DR.SARDJITO YOGYAKARTA (STUDI KASUS PERAN PEKERJA SOSIAL MEDIS DALAM PENANGANAN BAYI TERLANTAR) “)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (“ UPAYA PERLINDUNGAN ANAK DI RSUP DR.SARDJITO YOGYAKARTA (STUDI KASUS PERAN PEKERJA SOSIAL MEDIS DALAM PENANGANAN BAYI TERLANTAR) “)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini akan mencoba menjelaskan tentang upaya perlindungan anak di RSUP Dr.Sardjito Yogyakarta yang dilakukan oleh pekerja sosial medis dalam penanganan bayi terlantar, khususnya pasien bayi terlantar/diterlantarkan yang berada di RSUP Dr.Sardjito. Penelitian ini merupakan penelitian yang cukup menarik untuk diteliti dalam penelitian pekerja sosial medis, yang mana belum begitu banyak orang dikalangan masyarakat tahu tentang pekerja sosial medis dan juga peran pekerja sosial medis di lingkup rumah sakit. Profesi pekerja sosial medik di RSUP Dr.Sardjito Yogyakarta dikenal sebagai profesi pelayanan sosial untuk membantu pasien dan keluarga pasien selama berada di rumah sakit dalam mengatasi berbagai persoalan sosial dan emosional yang berhubungan dengan penyakit yang diderita maupun proses penyembuhan pasien, seperti pasien bayi terlantar/diterlantarkan di rumah sakit. Penanganan pasien bayi terlantar/diterlantarkan di RSUP Dr.Sardjito Yogyakarta dilakukan oleh pekerja sosial medis dengan melakukan upaya-upaya perlindungan anak, di mana pasien bayi terlantar/diterlantarkan yang tidak diketahui identitas keluarganya ini, terkadang kerap terjadi kalangan masyarakat menginginkan untuk mengambil bayi tersebut. Pada kenyataannya mengambil anak di rumah sakit adalah tidak diperbolehkan. Upaya perlindungan anak ini dilakukan demi terjaminnya hak-hak bayi, agar pasien bayi terlantar/diterlantarkan terjamin hak dan terlindungi haknya sebagai anak. Upaya perlindungan anak oleh pekerja sosial medis dilakukan dalam tiga bentuk, yaitu : bayi dikembalikan ke keluarga, bayi dikembalikan ke Yayasan Sayap Ibu, dan bayi meninggal. RSUP Dr.Sardjito bukanlah tempat penitipan anak, oleh karena itu pekerja sosial bekerjasama dengan lembaga Yayasan Sayap Ibu untuk pengasuhan anak di lembaga tersebut. Yayasan Sayap Ibu merupakan lembaga yang ditunjuk oleh pemerintahn untuk penyaluran bayi terlantar/diterlantarkan di daerah kota Yogyakarta. Peran pekerja sosial medis dalam menangani pasien bayi terlantar/diterlantarkan di RSUP Dr.Sardjito Yogyakarta dilakukan dengan menggunakan peran seperti pekerja sosial pada umumnya, diantaranya : advokad, mediator, edukator, broker, pendamping, fasilitator, konselor, motivator dan penghubung. Upaya perlindungan anak di RSUP Dr.Sardjito Yogyakarta ini tidak hanya dilakukan oleh pekerja sosial medis saja, melainkan lembaga rumah sakit itu sendiri, dokter, perawat, pekerja sosial medis dan bagian administrasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Muh.Izzul Haq, M.Sc,
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Perlindungan anak, RSUP Dr.Sardjito, pekerja sosial medis.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 20 Jun 2014 03:29
Last Modified: 21 Oct 2015 07:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12941

Actions (login required)

View Item View Item