STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH DI BAITUL MAAL WA TAMWIL (BMT) CITRA BUANA SYARIAH YOGYAKARTA

SUSI DEWI RATNA, NIM. 09240062 (2014) STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH DI BAITUL MAAL WA TAMWIL (BMT) CITRA BUANA SYARIAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH DI BAITUL MAAL WA TAMWIL (BMT) CITRA BUANA SYARIAH YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (819kB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH DI BAITUL MAAL WA TAMWIL (BMT) CITRA BUANA SYARIAH YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB)

Abstract

Susi Dewi Ratna. Strategi Pengembangan Produk Pembiayaan Murabahah di Baitul Maal wa Tamwil (BMT) Citra Buana Syariah Yogyakarta. Skripsi Yogyakarta: Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga, 2009. Baitul Maal Wa Tamwil merupakan sebuah lembaga keuangan dengan prinsip syariah. BMT mempunyai beberapa produk pembiayaan yang salah satunya dalam produk pembiayaan Murabahah yang berarti pembiayaan dengan prinsip jual beli barang pada harga asal ditambah keuntungan yang telah disepakati antara pihak bank dan nasabah. Penjual menyebutkan harga pembelian barang kepada pembeli, kemudian ia mensyaratkan atas laba dalam jumlah tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui dan mendeskripsikan strategi pengembangan produk Murabahah di BMT Citra Buana Syariah Yogyakarta. 2) Mengetahui apa saja strategi pengembangan produk pembiayaan Murabahah yang dilakukan oleh BMT Citra Buana Syariah Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang digambarkan dengan kata-kata atau kalimat-kalimat yang dipisahkan menurut katagori untuk memperoleh kesimpulan. Pengumpulan data menggunakan wawancara dengan manajer umum sekaligus merangkap sebagai manajer pemasaran di BMT Citra Buana Syariah Yogyakarta, metode observasi dengan mengamati langsung kegiatan pembiayaan di lapangan, metode dokumentasi yaitu mencari data berupa dokumen dan makalah tentang pembiayaan Murabahah di BMT Citra Buana Syariah Yogyakarta. Bagaimana proses pengembangan produk pembiayaan Murabahah untuk menjadi lebih baik dalam setiap proses pembiayaan yang dilakukan BMT Citra Buana Syari’ah Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukan: 1) Strategi pengembangan produk pembiayaan Murabahah yang dilakukan oleh BMT Citra Buana Syariah Yogyakarta adalah dengan melakukan promosi terus menerus, mengadakan pertemuan-pertemuan, jeli melihat kompetitor produk, dan dengan cara diwakalahkan atau diwakilkan. 2) Faktor yang mendorong pengembangan produk pembiayaan murabahah di BMT Citra Buana Syariah Yogyakarta yaitu ketatnya persaingan dengan bank-bank Umum yang juga menyediakan pembiayaan, dan juga semakin banyaknya masyarakat yang mencari pembiayaan yang berbasis syariah. Tidak terlepas dari strategi-strategi yang telah dilakukan oleh BMT Citra Buana Syariah juga mendapat beberapa kendala seperti adanya kompetitor dengan bank umum syariah yang saat ini banyak bermunculan, masyarakat masih mencari tingkat margin/ keuntungan yang tinggi dengan membandingkan produk di BMT dengan bank umum syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. M. Rasyid Ridla M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pengembangan Produk
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Jun 2014 14:16
Last Modified: 03 Dec 2015 13:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12956

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum