PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP LOYALITAS NASABAH BMT BERINGHARJO YOGYAKARTA

ANDRIANA , NIM. 07390016 (2014) PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP LOYALITAS NASABAH BMT BERINGHARJO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP LOYALITAS NASABAH BMT BERINGHARJO YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (748kB) | Preview
[img] Text ( PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP LOYALITAS NASABAH BMT BERINGHARJO YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (720kB)

Abstract

Memelihara loyalitas nasabah merupakan tuntutan yang harus dilaksanakan, karena dengan terpeliharanya loyalitas nasabah maka eksistensi perbankan, termasuk Baitul Maal wat Tamwil (BMT) bisa tetap terjaga. BMT harus bisa menentukan strategi pemasaran yang tepat agar usahanya dapat bertahan dan tujuan utamanya dapat tercapai. Karena itu, BMT perlu menerapkan strategi pemasaran yang baik. Salah satu strategi pemasaran yang banyak dipakai adalah bauran pemasaran (marketing mix). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah bauran pemasaran jasa memiliki pengaruh terhadap loyalitas nasabah BMT Beringharjo. Bauran pemasaran jasa tersebut diuraikan ke dalam operasional variabel independen yakni: produk (product), harga (price), lokasi (place), serta promosi (promotion). Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sebarapa besar pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap loyalitas nasabah BMT baik secara parsial maupun secara simultan Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode analisis data berupa analisis regresi linier berganda. Adapun proses hitung data menggunakan program statistik komputer SPSS for Windows Release. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah BMT Beringharjo dengan 60 nasabah sebagai sampel penelitian. Berdasarkan perhitungan uji F dalam penelitian ini, diperoleh nilai probabilitas F-hitung = 0,000 < Level of Significant = 0,05, maka Ho ditolak atau Ha diterima, artinya ada pengaruh secara simultan variabel produk (X1), harga (X2), promosi (X3), dan lokasi (X4) terhadap loyalitas nasabah BMT Bringharjo Yogyakarta (Y). Hasil penelitian menunjukan bahwa bauran pemasaran jasa mempunyai pengaruh terhadap loyalitas nasabah BMT Beringharjo. Hal ini dapat diartikan bahwa, jika variabel produk, harga, lokasi, dan promosi meningkat maka loyalitas nasabah BMT Beringharjo Yogyakarta juga akan mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Syafiq. M. Hanafi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Marketing Mix, Loyalitas, Produk, Harga, Lokasi, Promosi
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Jun 2014 15:40
Last Modified: 26 Sep 2016 16:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12965

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum