METODE INTERVENSI SOSIAL DALAM MENGATASI KENAKALAN REMAJA DI PANTI SOSIAL ASUHAN ANAK YOGYAKARTA, UNIT BIMOMARTANI

FAJAR SEPTIYAN , NIM. 10250036 (2014) METODE INTERVENSI SOSIAL DALAM MENGATASI KENAKALAN REMAJA DI PANTI SOSIAL ASUHAN ANAK YOGYAKARTA, UNIT BIMOMARTANI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (METODE INTERVENSI SOSIAL DALAM MENGATASI KENAKALAN REMAJA DI PANTI SOSIAL ASUHAN ANAK YOGYAKARTA, UNIT BIMOMARTANI)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (METODE INTERVENSI SOSIAL DALAM MENGATASI KENAKALAN REMAJA DI PANTI SOSIAL ASUHAN ANAK YOGYAKARTA, UNIT BIMOMARTANI)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (936kB)

Abstract

Masa remaja adalah masa peralihan manusia dari anak-anak menuju dewasa. Pada masa transisi antara anak maupun remaja, kemungkinan dapat menimbulkan berbagai macam krisis, yang dapat ditandai dengan kecenderungan munculnya berbagai macam perilaku menyimpang. Pada kondisi tertentu perilaku menyimpang remaja akan menjadi suatu kebiasaan yang mengganggu. Melihat kondisi tersebut apabila didukung lingkungan yang kurang kondusif, serta sifat kepribadian remaja yang kurang baik, dapat menjadi pemicu timbulnya berbagai macam penyimpangan perilaku maupun perbuatan-perbuatan negatif yang melanggar aturan dan norma yang ada di masyarakat, yang biasanya disebut dengan istilah kenakalan remaja. Salah satu upaya untuk mengatasi kenakalan remaja dapat dilakukan melalui Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) yaitu Panti Sosial Asuhan Anak Yogyakarta, Unit Bimomartani. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana metode intervensi sosial dalam mengatasi kenakalan remaja di Panti Sosial Asuhan Anak Yogyakarta, Unit Bimomartani dan apa saja faktor penghambat dalam metode intervensi sosial? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah menggambarkan berbagai jenis metode intervensi sosial dalam mengatasi kenakalan remaja di PSAA Yogyakarta dan mengatahui faktor penghambat dalam metode intervensi sosial. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, pengumpulan data dapat dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada pimpinan, pekerja sosial, staff bagian tata usaha, staff seksi perlindungan dan pelayanan sosial (PPS) dan remaja di Panti Sosial Asuhan Anak Yogyakarta, Unit Bimomartani. Teknik dalam penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Pelaksanakan metode intervensi sosial untuk mengatasi kenakalan remaja di PSAA Yogyakarta, menggunakan beberapa macam metode intervensi sosial di tingkat mikro (individu dan keluarga) meliputi: Pendampingan pekerja sosial, pendampingan psikologis, pendampingan pramusosial, pendampingan keluarga dan metode hipnoterapi. Selanjutnya metode intervensi sosial tingkat mezzo (kelompok dan organisasi) meliputi: Art teraphy, seni musik, seni tari, bimbingan etika budi pekerti, ketrampilan sosial, bimbingan olahraga, bimbingan kedisiplinan, dan bimbingan agama Islam. Metode intervensi sosial di tingkat makro (sistem sosial) meliputi: Pengasuhan di luar panti, penyusun rencana pelayanan kesejahteraan sosial di PSAA Yogyakarta. 2) Faktor pendukung dari berhasilnya suatu metode intervensi sosial untuk mengatasi kenakalan remaja tidak terlepas dari peran pekerja sosial, praktisi maupun diri anak asuh maupun keluarga dari anak asuh, sedangkan faktor penghambat dari metode intervensi sosial yaitu: Terkendala sumber daya manusia (pekerja sosial), waktu yang kurang tepat, keterbatasan dana, kemampuan pekerja sosial yang berbeda, lokasi yang jauh, keterbatasan waktu dan beban tugas pekerja sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Siti Solechah, M.Si.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 23 Jun 2014 02:36
Last Modified: 21 Oct 2015 07:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12979

Actions (login required)

View Item View Item