PENERAPAN STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN PEMAHAMAN MATERI POKOK BIOTEKNOLOGI PADA SISWA KELAS X MA IBNUL QOYYIM

TITO SANJAYA - NIM. 03450452, (2008) PENERAPAN STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN PEMAHAMAN MATERI POKOK BIOTEKNOLOGI PADA SISWA KELAS X MA IBNUL QOYYIM. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan strategi Cooperative Learning tipe Team Games Tournament (TGT) di kelas X putra MA Ibnul Qoyyim, jumlah siklus pembelajaran yang dibutuhkan untuk mengetahui peningkatan motivasi berprestasi dan pemahaman materi pokok bioteknologi serta kompetensi yang dicapai oleh siswa dalam setiap siklus pembelajaran. Penelitian dilakukan di kelas X putra MA Ibnul Qoyyim, Tegalyoso, Sitimulyo, Piyungan, Bantul, tahun ajaran 2006/2007. Desain penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang mempunyai tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), refleksi (reflection) dan revisi. Data yang dikumpulkan adalah motivasi berprestasi siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan strategi Cooperative Learning tipe Team Games Tournament dan data pemahaman siswa dengan menggunakan pretes dan postes. Data motivasi berprestasi diperoleh dari lembar observasi dan pemahaman siswa diperoleh melalui soal tes. Data-data tersebut kemudian dianalisis secara deskriptif dengan menyajikan tabel distribusi frekuensi data tunggal dan tabel distribusi relatif yang telah melalui proses kuantifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi Cooperative Learning tipe Team Games Tournament dapat terlaksana di kelas X putra MA Ibnul Qoyyim. Banyaknya siklus pembelajaran yang dibutuhkan untuk mencapai peningkatan motivasi berprestasi dan pemahaman siswa adalah tiga siklus. Peningkatan yang muncul pada siklus pertama adalah kemampuan membaca, mendengar, melihat, mengajukan pertanyaan/pendapat. Kompetensi yang dicapai pada siklus kedua adalah kemampuan bekerjasama, komunikasi lisan dan tertulis dan memecahkan masalah. Kompetensi yang dicapai pada siklus ketiga adalah kemampuan menjawab pertanyaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: b Pembimbing : /b Drs. Sudjoko, MS.
Uncontrolled Keywords: Strategi TGT, Cooperative Learning, motivasi berprestasi, Madrasah Aliyah dan kemampuan pemahaman.
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1298

Actions (login required)

View Item View Item