IMPLEMENTASI KONSELING TRAUMATIK PADA ANAKANAK KORBAN KONFLIK ACEH DI LEMBAGA RELAWAN PEREMPUAN UNTUK KEMANUSIAAN (RPUK) BANDA ACEH

YURNALISA, S.Kom.I , NIM. 1220410249 (2014) IMPLEMENTASI KONSELING TRAUMATIK PADA ANAKANAK KORBAN KONFLIK ACEH DI LEMBAGA RELAWAN PEREMPUAN UNTUK KEMANUSIAAN (RPUK) BANDA ACEH. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KONSELING TRAUMATIK PADA ANAKANAK KORBAN KONFLIK ACEH DI LEMBAGA RELAWAN PEREMPUAN UNTUK KEMANUSIAAN (RPUK) BANDA ACEH)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KONSELING TRAUMATIK PADA ANAKANAK KORBAN KONFLIK ACEH DI LEMBAGA RELAWAN PEREMPUAN UNTUK KEMANUSIAAN (RPUK) BANDA ACEH)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi implementasi konseling traumatik pada anak korban konflik di lembaga Relawan Perempuan untuk Kemanusiaan (RPuK) Banda Aceh yang meliputi: 1) Gejala-gejala traumatis pada anak korban konflik, 2) Kegiatan-kegiatan dalam implementasi konseling traumatik pada anak korban konflik, 3) Hasil implementasi konseling traumatik pada anak korban konflik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research yang terfokus pada proses pelaksanaan program dan kegiatan konseling traumatik dengan memakai analisis deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan dilakukan dengan cara ketekunan pengamatan, triangulasi data, dan auditing atau penelusuran data. Dari hasil analisis dan pembahasan mengenai pelaksanaan konseling traumatik pada anak korban konflik, maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan kegiatan konseling traumatik di lembaga RPuK Banda Aceh sangat membantu dalam memulihkan trauma pada anak korban konflik. Kegiatan-kegiatan konseling traumatik pada anak korban konflik dilakukan dalam empat tahapan yaitu tahap pencairan suasana, tahap membangun kepercayaan, tahap pemulihan, dan tahap normalisasi. Konseling traumatik dilaksanakan dengan komprehensif melalui berbagai kegiatan yaitu bermain, relaksasi, seni dan kreatifitas, rekreasi, kegiatan keagamaan, resiliensi, home visit, konseling individual dan referal. Salah satu penunjang keberhasilan pelaksanaan konseling traumatik pada anak korban konflik adalah kondisi kegamaan di Aceh yang mayoritas adalah Muslim sehingga melalui kegiatan keagamaan, proses konseling traumatik lebih mudah diterima oleh anak, orang tua dan masyarakat. Kendala dalam pelaksanaan konseling traumatik muncul dari pihak masyarakat dan internal lembaga. Kurangnya pemahaman sebagian orang tua, kondisi lingkungan dan situasi keamanan yang sulit diprediksi adalah hambatan yang berasal dari lingkungan dan masyarakat. Lemahnya teknis penulisan laporan dan terbatasnya fasilitas pelaksanaan program adalah hambatan dari internal lembaga.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Nurus Sa’adah, S.Psi., M.Psi., Psi
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Konseling traumatik, Anak-Anak Korban konflik.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 23 Jun 2014 09:47
Last Modified: 29 Apr 2015 09:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12982

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum