PENGARUH PERSEPSI SISWA KEPADA GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII DI MTsN TEMPEL SLEMAN TAHUN AJARAN 2013/2014

FIDA DURRATUL HABIBAH , NIM. 10420022 (2014) PENGARUH PERSEPSI SISWA KEPADA GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII DI MTsN TEMPEL SLEMAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PENGARUH PERSEPSI SISWA KEPADA GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII DI MTsN TEMPEL SLEMAN TAHUN AJARAN 2013/2014 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text ( PENGARUH PERSEPSI SISWA KEPADA GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII DI MTsN TEMPEL SLEMAN TAHUN AJARAN 2013/2014 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa tentang kemampuan guru dalam pengelolaan kelas, bagaimana prestasi belajar bahasa arab siswa dan seberapa besar pengaruh persepsi siswa kepada guru dalam pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa kelas VII di MTsN Tempel Sleman tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN Tempel Sleman sebanyak 5 kelas dengan jumlah 160 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Sehingga didapat 35 siswa dari perhitungan menggunakan rumus Slovin. Adapun yang dijadikan sampel sebagai subyek penelitian yaitu sebanyak 7 siswa perkelas dengan mengambil nomor-nomor genap dengan cara diundi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, dokumentasi, wawancara, angket dan tes. Untuk menguji keampuhan instrument data dilakukan dengan menggunakan uji validitas dan realibilitas dengan bantuan SPSS 16.0 for windows. Persyaratan analisis dengan menggunakan uji normalitas kolmogrof-smirnov dan uji linieritas yaitu Test of Linierity. Keduanya menggunakan taraf signifikansi 0,05 atau 5%. Untuk analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan: (1) persepsi siswa kepada guru dalam pengelolaan kelas pada pembelajaran bahasa arab kelas VII di MTsN Tempel Sleman, berada pada kategori cukup baik pada kelas interval 56-74 dengan persentase 57%. Pengkategorian ini dibedakan lagi menjadi dua, positif (sangat baik, baik, dan cukup baik) dan negative ( kurang baik dan sangat kurang baik). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa kepada guru dalam pengelolaan kelas pada pembelajaran bahasa arab kelas VII di MTsN Tempel Sleman termasuk dalam kategori positif. (2) Prestasi belajar bahasa arab siswa kelas VII di MTsN Tempel Sleman berada pada kategori sedang pada kelas interval 62-85 dengan persentase 68,57%. (3) Pengaruh persepsi siswa kepada guru dalam pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa kelas VII di MTsN Tempel Sleman sebesar 22,3%. Hal ini berdasarkan hasil analisis regresi linier sederhana mengunakan SPSS 16.00 for windows, yaitu diperoleh model regresi Y=42,709 + 0,456 X. Dan diperoleh t hitung sebesar 3,076 kemudian dikonsultasikan dengan t tabel pada taraf signifikansi 5% dengan N=35 sebesar 2,03452. Dengan ketentuan jika t hitung > t tabel atau 2,03452 (5%), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Didapat hasil yaitu 3,076 > 2,03452. Sehingga Ho ditolak artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa kepada guru dalam pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar bahasa arab siswa kelas VII di MTsN Sleman Kota tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Radjasa Mu’tasim
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 23 Jun 2014 09:58
Last Modified: 05 May 2017 11:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12984

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum