PERAN KADER DAN MASALAH LANSIA DALAM PEMBINAAN KESEJAHTERAAN LANSIA DI POSYANDU CENDANA PADUKUHAN JLATREN RW 23 JOGOTIRTO BERBAH SLEMAN YOGYAKARTA

IDA NUR EFIANI , NIM. 10250027 (2014) PERAN KADER DAN MASALAH LANSIA DALAM PEMBINAAN KESEJAHTERAAN LANSIA DI POSYANDU CENDANA PADUKUHAN JLATREN RW 23 JOGOTIRTO BERBAH SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN KADER DAN MASALAH LANSIA DALAM PEMBINAAN KESEJAHTERAAN LANSIA DI POSYANDU CENDANA PADUKUHAN JLATREN RW 23 JOGOTIRTO BERBAH SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text (PERAN KADER DAN MASALAH LANSIA DALAM PEMBINAAN KESEJAHTERAAN LANSIA DI POSYANDU CENDANA PADUKUHAN JLATREN RW 23 JOGOTIRTO BERBAH SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Peran Kader Dan Masalah Lansia Dalam Pembinaan Kesejahteraan Lansia di Posyandu Cendana Padukuhan Jlatren RW 23 Jogotirto Berbah Sleman Yogyakarta”. Penelitian ini untuk mengungkapkan dua permasalahan yakni : permasalahan yang dihadapi lansia di Posyandu Cendana dari segi kesehatan dan segi ekonomi, serta peran yang dilakukan kader dalam menghadapi permasalahan di Posyandu Cendana. Oleh sebab itu penulis tertarik untuk meneliti apa saja yang dilakukan kader dalam membina lansia. Untuk mengungkapkan permasalahan tersebut digunakan teori kesejahteraan lansia dan siapa yang bertanggung jawab. Sedangkan untuk mengungkapkan data terkait dengan masalah tersebut digunakan metode penelitian deskriptif kualiatif. Dari penulisan yang dilakukan selama kurang lebih lima bulan penulis mengumpulkan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dengan sumber data yang diperoleh melalui kader, anggota Posyandu Cendana dan masyarakat sekitar yang turut memberikan masukan beserta informasi. Peneliti memperoleh temuan bahwa : 1. Potensi yang dimiliki adalah a) Jumlah Anggota b) Kemampuan fisik dalam produktifitas. 2. Permasalahan yang dihadapi adalah a) Segi ekonomi b) Segi kesehatan. 3. Peran kader dalam segi ekonomi dan kesehatan. Dengan demikian dapat dijadikan sebuah dorongan untuk lebih antusias dalam melaksanakan pelayanan program. Menurut para anggota kader sudah melaksanakan perannya dengan cukup baik dan kesehatan lansia meningkat seiring pemeriksaan rutin yang diadakan setiap bulannya. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa peran kader yang dilakukan kepada para anggota di Posyandu Cendana sudah baik dalam segi kesehatan, namun dalam segi ekonomi peran yang dilakukan masih kurang disebabkan keterbatasan biaya di Posyandu Cendana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. H. Suisyanto, M.Pd
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 23 Jun 2014 04:47
Last Modified: 22 Oct 2015 01:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12988

Actions (login required)

View Item View Item