PENGARUH ISTRI SEBAGAI PENCARI NAFKAH UTAMA TERHADAP KEHIDUPAN RUMAH TANGGA DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM ( STUDI KASUS DI DUSUN JOLOPO, DESA BANJARSARI, KECAMATAN NGADIREJO, KABUPATEN TEMANGGUNG)

SRI RAHAYU , NIM. 10350060 (2014) PENGARUH ISTRI SEBAGAI PENCARI NAFKAH UTAMA TERHADAP KEHIDUPAN RUMAH TANGGA DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM ( STUDI KASUS DI DUSUN JOLOPO, DESA BANJARSARI, KECAMATAN NGADIREJO, KABUPATEN TEMANGGUNG). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PENGARUH ISTRI SEBAGAI PENCARI NAFKAH UTAMA TERHADAP KEHIDUPAN RUMAH TANGGA DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM ( STUDI KASUS DI DUSUN JOLOPO, DESA BANJARSARI, KECAMATAN NGADIREJO, KABUPATEN TEMANGGUNG) )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text ( PENGARUH ISTRI SEBAGAI PENCARI NAFKAH UTAMA TERHADAP KEHIDUPAN RUMAH TANGGA DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM ( STUDI KASUS DI DUSUN JOLOPO, DESA BANJARSARI, KECAMATAN NGADIREJO, KABUPATEN TEMANGGUNG) )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Keharmonisan rumah tangga tak bisa dilepaskan dari kesadaran suami istri dalam memahami hak dan kewajiban masing-masing. Suami mempunyai kewajiban untuk memenuhi nafkah keluarga sedangkan istri mempunyai kewajiban utama mengatur rumah tangga dengan sebaik-baiknya. Hal ini bukan berarti istri tidak boleh bekerja karena Islam tidak melarang perempuan untuk belajar maupun bekerja selama wanita tersebut membutuhkan atau pekerjaan itu membutuhkannya dan dapat memelihara kehormatan diri. Realitas dalam kehidupan saat ini tak jarang dijumpai seorang istri sebagai pencari nafkah utama. Istri sebagai pencari nafkah utama menjadikan seorang istri berperan ganda, bahkan peran utama sebagai ibu rumah tangga terlupakan dan terabaikan karena kesibukan dalam mencari nafkah sehingga memberikan pengaruh terhadap kehidupan rumah tangga. Fenomena istri sebagai pencari nafkah utama dijumpai di Dusun Jolopo, Desa Banjarsari, kecamatan Nagadirejo, Kabupaten Temanggung. Istri sebagai pencari nafkah utama disebabkan karena suami kurang bertanggung jawab terhadap keluarga. Dalam penelitian ini, pokok permasalahan yang difokuskan adalah apa saja pengaruh istri sebagai pencari nafkah utama terhadap kehidupan rumah tangga, kemudian bagaimana pengaruh istri sebagai pencari nafkah utama terhadap kehidupan rumah tangga dalam perspektif hukum Islam. Penelitian ini merupakan Field Research atau penelitian lapangan yaitu penelitian yang di lakukan di Dusun Jolopo, Desa Banjarsari, Kecamatan Ngadierjo, Kabupaten Temanggung. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi dan wawancara. Subjek penelitian adalah empat keluarga yang istrinya berperan sebagai pencari nafkah utama. Penelitian ini bersifat deskriptif analisis yang mana penulis mendeskripsikan/menceritakan realita kasus keluarga yang istrinya sebagai pencari nafkah utama kemudian menganalisa pengaruhnya terhadap kehidupan rumah tangga dalam perspektif hukum Islam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa istri sebagai pencari nafkah utama memberikan pengaruh positif dan negatif terhadap kehidupan rumah tangga. Pengaruh positif istri sebagai pencari nafkah utama yaitu menjadikan perekonomian rumah tangga menjadi lebih baik. Pengaruh negatifnya, kewajiban sebagai ibu rumah tangga menjadi terabaikan di antaranya yaitu istri menjadi kurang taat terhadap suami, istri kurang bisa menjaga kehormatan diri, kebutuhan seksualitas suami istri tidak terpenuhi dan pekerjaan rumah tangga terabaikan. Dalam perspektif hukum Islam wajibnya memperhitungkan seberapa besar dan kepentingan ketika akan menghindarkan sesuatu yang dapat menimbulkan kerugian. Istri sebagi pencari nafkah utama dalam subjek penelitian ini menimbulkan pengaruh negatif yang lebih besar daripada pengaruh positifnya sehingga hal ini tidak sesuai dengan Hukum Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Hj. Ermi Suhasti MSI
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Nafkah dalam rumah tangga, hak dan kewajiban suami istri.
Subjects: Peradilan Islam
Peradilan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 23 Jun 2014 13:22
Last Modified: 20 Apr 2016 13:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12992

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum