PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA MATAPELAJARAN AQIDAH AKHLAQ DI MADRASAH ALIYAH NEGERI GODEAN YOGYAKARTA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA

BASTIAN FEBRIANTO , NIM. 10410129 (2014) PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA MATAPELAJARAN AQIDAH AKHLAQ DI MADRASAH ALIYAH NEGERI GODEAN YOGYAKARTA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA MATAPELAJARAN AQIDAH AKHLAQ DI MADRASAH ALIYAH NEGERI GODEAN YOGYAKARTA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA MATAPELAJARAN AQIDAH AKHLAQ DI MADRASAH ALIYAH NEGERI GODEAN YOGYAKARTA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

BASTIAN FEBRIANTO. Implementasi Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam Pembelajaran Akidah Akhlaq di Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Latar belakang masalah penelitian ini adalah adanya penurunan kualitas pendidikan dari masa sebelumnya, terutama Pendidikan Agama Islam. Banyak peserta didik yang mengindikasikan kebosanan dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah-sekolah maupun institusi pendidikan. Diperlukan suatu metode pengajaran baru yang berbasis pada siswa (student centered) dan menggunakan pembelajaran aktif (active learning). Metode pembelajaran kontekstual atau biasa disebut Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan salah satu metode pembelajaran yang sudah cukup lama dan terkenal dalam pembelajaran aktif. Implementasi metode tersebut di madrasah akan sangat menarik diteliti sebab pembelajaran agama memiliki beban belajar yang lebih banyak dari pada sekolah umum setaraf lainnya. Penelitian ini merupakan penelitian action research dengan metode pengumpulan datanya berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis datanya menggunakan metode triangulasi dimana data digabungkan dan dicek kebenarannya. Dalam hal ini peneliti berusaha mendeskripsikan hasil observasi implementasi pendekatan CTL di MAN Godean pada pelajaran Aqidah Akhlaq di kelas XF tahun ajaran 2013/2014 yang kemudian dilakukan analisis data dan pengorganisasian sehingga peneliti dapat melakukan interpretasi data dengan dasar pedoman teori-teori pembelajaran kontekstual yang ada. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran konstekstual di MAN Godean sudah memenuhi tujuh unsur pokok dalam pembelajaran konstekstual yaitu kontruktivisme, questioning, inquiry, learning community, modeling, reflection, authentic asessment. Konstruktivisme berarti membangun pengetahuan awal peserta didik dengan cara memberikan stimulusstimulus tentang kompetensi yang akan dipelajari. Questioning berarti memberikan kesempatan peserta didik untuk bertanya pada pendidik maupun sesama peserta didik. Inquiry berarti dapat mendorong peserta didik untuk menemukan sendiri pengetahuan yang mereka perlukan lewat observasi ataupun penelitian sederhana. Learning Community maksudnya adalah pendidik dapat mengkondisikan kelas dan proses pembelajaran sehingga terjadi kegiatan berdiskusi kelompok antar peserta didik walaupun dengan media yang minimalis. Modeling merupakan kegiatan pembelajaran dimana peserta didik ataupun pendidik memberikan contoh dalam hubungannya dengan kompetensi yang sedang dipelajari. Reflection berarti memberikan penekanan berupa kesimpulan maupun point-point penting oleh pendidik dalam proses pembelajaran. Authentic Asessment berarti melakukan penilaian akhir pada peserta didik meliputi penilaian kognitif, afektif dan psikomotor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Karwadi, M.Ag
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 23 Jun 2014 13:27
Last Modified: 02 Aug 2017 14:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12994

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum