PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATERI HUKUM NEWTON UNTUK SISWA SMA N I SENTOLO KELAS X KULON PROGO

NOURMA MUSLICHAH ALBAB , NIM. 08690002 (2014) PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATERI HUKUM NEWTON UNTUK SISWA SMA N I SENTOLO KELAS X KULON PROGO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATERI HUKUM NEWTON UNTUK SISWA SMA N I SENTOLO KELAS X KULON PROGO)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATERI HUKUM NEWTON UNTUK SISWA SMA N I SENTOLO KELAS X KULON PROGO)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan modul fisika berbasis kearifan lokal pada materi hukum Newton untuk siswa SMA N I Sentolo kelas X di Kulon Progo; 2) mengetahui kualitas modul fisika berbasis kearifan lokal pada materi hukum Newton untuk siswa SMA N I Sentolo kelas X di Kulon Progo yang dinilai oleh ahli materi, ahli media dan guru fisika; serta 3) mengetahui respon siswa terhadap modul fisika berbasis kearifan lokal pada materi hukum Newton untuk siswa SMA N I Sentolo kelas X di Kulon Progo yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan model prosedural. Prosedur penelitian pengembangan ini menggunakan prosedurnya Borg dan Gall yaitu 1) penelitian pendahuluan; 2) perencanaan; 3) pengembangkan produk awal; 4) melakukan validasi; 5) revisi; 6) melakukan uji lapangan skala kecil; 7) revisi; 8) melakukan uji lapangan skala besar; 9) produk akhir dan 10) deseminasi. Pembatasan penelitian ini pada tahap deseminasi. Instrumen yang digunakan berupa skala penilaian untuk mengetahui kualitas modul dan untuk mengetahui respon siswa yaitu menggunakan skala Likert dengan empat kategori disusun dalam bentuk checklist.Analisis data yang dilakukan yaitu dengan mengumpulkan data kualitatif dari ahli materi, ahli media, guru fisika dan siswa SMA; mengubah hasil penilaian ahli dan respon siswa dari bentuk data kualitatif ke data kuantitatif (huruf ke skor); menghitung jumlah skor per aspek atau seluruh item; menentukan rerata skor jawaban responden baik per aspek maupun keseluruhan aspek lalu dikonversikan dengan tabel kategori kualitas maupun kategori respon. Hasil penelitian ini berupa:1) modul fisika berbasis kearifan lokal pada materi hukum Newton untuk siswa SMA N I Sentolo kelas X di Kulon Progo; 2) memperoleh hasil penelitian berdasarkan penilai ahli materi, ahli media, dan guru fisika terhadap kualitas modul yang dikembangkan menunjukkan kategori Sangat Baik (SB). Skor rerata keseluruhan yang diperoleh ahli yaitu 3,79 oleh ahli materi; 3,51 oleh ahli media; 3,42 oleh guru fisika; 3) memperoleh hasil penilaian oleh siswa terhadap respon modul yang dikembangkan diperoleh skor rerata keseluruhan hasil responden sebesar 3,30 menunjukkan kategori Sangat Setuju (SS) pada uji lapangan skala kecil dan skor 3,10 yang menunjukkan kategori Setuju (S) pada uji coba lapangan skala besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Widayanti, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Modul Fisika, Kearifan Lokal, Hukum Newton
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 23 Jun 2014 14:53
Last Modified: 15 Feb 2016 09:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13010

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum