TEORI EMPIRISME THOMAS HOBBES DAN RELEVANSINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM

FERDIAN UTAMA, NIM. 10470003 (2014) TEORI EMPIRISME THOMAS HOBBES DAN RELEVANSINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( TEORI EMPIRISME THOMAS HOBBES DAN RELEVANSINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text ( TEORI EMPIRISME THOMAS HOBBES DAN RELEVANSINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (979kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa fenomena dalam dunia pendidikan harus segera dibenahi, karena masih banyak sebagai seorang pendidik belum mampu menjalankan tugasnya dan masih banyak pendidik yang memberikan pembelajaran tidak berkompeten dalam bidang ilmunya, sehingga berdampak buruk bagi peserta didiknya. Pengalaman dan memfungsikan seluruh indera adalah proses pembelajaran yang efektif. Tujuan penelitian ini adalah: untuk memehami konsep empirisme Thomas Hobbes dan menganalisis relevansinya terhadap pendidikan Islam. Rumusan Masalah penelitian ini adalah, bagaimana konsep empirisme Thomas Hobbes dan bagaimana relevansinya dalam pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan historis dan filosofis. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan tekhnik analisis dan deskriptik analitik yaitu data-data yang berkaitan dengan tema yang diteliti dikumpulkan dan diklasifikasikan, lalu dilakukan penafsiran atau uraian tentang data, kemudian disimpulkan dengan metode induktif dan deduktif. Hasil penelitian ini adalah: pertama konsep empirisme Thomas Hobbes menggunakan empiris radikal. Dalam pemikirannya yang dihasilkan sesuai apa yang ia alami sehingga disebut sebagai penganut empirisme, yaitu tentang kontrak social, pembentukan suatu Negara dan perjanjian hukum terhadap masyarakat (civil society). Kedua terdapat beberapa relevansi konsep teori empirisme Thomas Hobbes dalam pendidikan Islam, yaitu epistemology pendidikan Islam yang kajian dalam pendidikan Islam disebut Burhani, kemudian sebagai ajaran empiris Rasulullah yang dikaji oleh mdzhab sahabi, selanjutnya pengalaman keagamaan. Dalam pengalaman keagaman ini adalah keteladanan dan sebagai acuan sesuai apa yang telah dilakukan oleh Rasulullah diantaranya, gerakan ibadah shalat yang telah diajarkan oleh Rasulullah kepada para sahabat sampai pada kaum muslim saat ini, dan proses pembelajaran dalam pendidikan Islam. Penelitian ini terdapat beberapa kelemahan dan kritik terhadap konsep empirisme Thomas Hobbes dari beberapa kalangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Agus Nuryatno, MA., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Empirisme Thomas Hobbes, Relevansi, Pendidikan Islam, Pengalaman, Indrawi.
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 23 Jun 2014 14:56
Last Modified: 23 Jun 2014 14:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13012

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum