HUBUNGAN SINETRON “EMAK IJAH PENGEN KE MEKKAH” DENGAN MINAT WARGA PAPRINGAN UNTUK MELAKSANAKAN IBADAH HAJI

ELIYANA ROMANTIASTUTI, NIM. 10210064 (2014) HUBUNGAN SINETRON “EMAK IJAH PENGEN KE MEKKAH” DENGAN MINAT WARGA PAPRINGAN UNTUK MELAKSANAKAN IBADAH HAJI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN SINETRON “EMAK IJAH PENGEN KE MEKKAH” DENGAN MINAT WARGA PAPRINGAN UNTUK MELAKSANAKAN IBADAH HAJI)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN SINETRON “EMAK IJAH PENGEN KE MEKKAH” DENGAN MINAT WARGA PAPRINGAN UNTUK MELAKSANAKAN IBADAH HAJI)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB)

Abstract

Televisi adalah media massa yang menjadi salah satu sumber informasi bagi masyarakat. Televisi mampu menjadi sarana informasi positif namun juga dapat melenceng dari tujuan menjadi tempat menyampaikan hal-hal negatif. Hal itu dapat terjadi karena ada berbagai macam acara yang ditayangkan baik itu mengenai pendidikan, berita juga hiburan seperti sinetron. Sinetron-sinetron yang ditayangkan itu memiliki banyak jalan cerita sehingga mengandung pesan-pesan yang positif namun juga tidak sedikit mengandung pesan negatif. Sinetron yang bertemakan religius merupakan salah satu tayangan sinetron yang tengah marak saat ini. Sinetron bertemakan religius menyajikan kisah-kisah yang sarat atau berorientasi pada ajaran Islam. Dalam perspektif ide atau gagasan ceritanya, umat Islam dapat saja meyakini kebenarannya. Karena sejumlah sinetron religi yang ditayangkan dikonstruksi dari kisah nyata, contohnya saja sinetron “Emak Ijah Pengen ke Mekkah”. Pesan yang terkandung dalam sinetron tersebut mampu mempengaruhi keinginan seseorang untuk melaksanakan ibadah haji. Dalam penelitian ini pokok masalahnya adalah korelasi antara menonton sinetron “Emak Ijah Pengen ke Mekkah” dengan minat warga Papringan untuk melaksanakan ibadah haji. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan memakai dua variable yaitu variabel X menonton sinetron “Emak Ijah Pengen ke Mekkah” dan variabel Y minat melaksanakan ibadah haji. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket dan wawancara. Kemudian untuk uji coba peneliti menggunakan uji validitas dan rebilitas untuk menentukan instrumen yang akan digunakan sudah reliabel. Adapun teknik analisis data menggunakan uji korelasi Product Momentdengan bantuan software SPSS 16.00. Berdasarkan analisa data yang telah dilakukan, diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,234. Nilai korelasi r tabel diperoleh dari N=52 sebesar 0,2262. Oleh karena nilai koefisien korelasi lebih besar dari r tabel (0,234 > 0,2262) maka dikatakan signifikan. Artinya bahwa tingkat menonton sinetron “Emak Ijah Pengen ke Mekkah” berhubungan dengan minat warga Papringan untuk melaksanakan ibadah haji. Besarnya hubungan antara tingkat menonton sinetron “Emak Ijah Pengen ke Mekkah” dengan minat warga papringan untuk melaksanakan ibadah haji berkategori hubungan rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Musthofa, S. Ag., M. Si
Subjects: Komunikasi Islam
Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 24 Jun 2014 14:03
Last Modified: 16 Oct 2015 15:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13023

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum