EFEKTIVITAS PELATIHAN PEMAKNAAN SURAT AL-INSYIRAH UNTUK MENGURANGI KECEMASAN MENGHADAPI UJIAN NASIONAL PADA SISWA MTS N LAB UIN YOGYAKARTA

SRI WAHYUNINGTYAS , NIM. 10220010 (2014) EFEKTIVITAS PELATIHAN PEMAKNAAN SURAT AL-INSYIRAH UNTUK MENGURANGI KECEMASAN MENGHADAPI UJIAN NASIONAL PADA SISWA MTS N LAB UIN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PELATIHAN PEMAKNAAN SURAT AL-INSYIRAH UNTUK MENGURANGI KECEMASAN MENGHADAPI UJIAN NASIONAL PADA SISWA MTS N LAB UIN YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PELATIHAN PEMAKNAAN SURAT AL-INSYIRAH UNTUK MENGURANGI KECEMASAN MENGHADAPI UJIAN NASIONAL PADA SISWA MTS N LAB UIN YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan pemaknaan surat al-Insyirah dalam menurunkan kecemasan siswa yang sedang menghadapi Ujian Nasional. subjek dalam penelitian ini adalah 13 siswa yang tergabung dalam kelompok eksperimen. Karakteristik subjek diantaranya : (1) tercatat sebagai siswa kelas IX MTsN LAB UIN Yogyakarta yang akan menghadapi ujian nasional, (2) siswa yang memiliki tingkat kecemasan tinggi, (3) bersedia menjadi subjek. Kelompok eksperimen mendapatkan pelatihan pemaknaan surat Al-Insyirah selama 240 menit. Desain yang digunakan adalah one-group pretest-posttest design. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan skala kecemasan ujian nasional yang disusun oleh peneliti. Metode analisis data yang digunakan adalah statistik nonparametik dengan menggunakan teknik Wilcoxon Signed Ranks untuk menguji beda skor dari dua sampel yang berpasangan yaitu data pre-test dan post-test pada kelompok eksperimen. Hasil Wilcoxon Signed Ranks menunjukkan bahwa pelatihan pemaknaan surat Al- Insyirah efektif dalam menurunkan kecemasan siswa yang menghadapi Ujian Nasional (P=0,001).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Nurjannah, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Pelatihan Pemaknaan Surat Al-Insyirah, Kecemasan Siswa.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 24 Jun 2014 14:23
Last Modified: 29 Oct 2015 08:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13029

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum