KONSELING LINTAS BUDAYA BERBASIS DIARY TERHADAP SISWA MULTIRASIAL DALAM FILM FREEDOM WRITTERS DITINJAU DARI PERSPEKTIF KONSELING ISLAM

YUSNIARDI NURUL FAJRIN, NIM. 10220063 (2014) KONSELING LINTAS BUDAYA BERBASIS DIARY TERHADAP SISWA MULTIRASIAL DALAM FILM FREEDOM WRITTERS DITINJAU DARI PERSPEKTIF KONSELING ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KONSELING LINTAS BUDAYA BERBASIS DIARY TERHADAP SISWA MULTIRASIAL DALAM FILM FREEDOM WRITTERS DITINJAU DARI PERSPEKTIF KONSELING ISLAM)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (550kB) | Preview
[img] Text (KONSELING LINTAS BUDAYA BERBASIS DIARY TERHADAP SISWA MULTIRASIAL DALAM FILM FREEDOM WRITTERS DITINJAU DARI PERSPEKTIF KONSELING ISLAM)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pelaksanaan bimbingan dan konseling lintas budaya dalam film feedom writers yang menggunakan diary sebagai medianya. Diary dijadikan media konseling lintas budaya dalam film tersebut untuk memecahkan permasalahan konflik ras antar-siswa di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konflik ras antar-siswa dan pelaksanaan bimbingan dan konseling terhadap siswa yang mengalami konflik ras. Teori dalam penelitian ini teori umum dan Islam. Teori umum menggunakan pendekatan behavior dan humanistik. Dan teori Islam menggunakan pendekatan ta’aruf, al hikmah, mau’idzah hasanah, dan al mujadalah billati hiya ahsan. Jenis penelitian ini adalah termasuk studi pustaka. Pendekatan penelitiannya menggunakan semiotika, model penelitian dengan mengamati tanda-tanda yang dianggap mewakili suatu obyek secara representatif. Adapun subyek penelitian ini adalah film freedom writers dan obyeknya penggunaan diary sebagai media bimbingan dan konseling. Metode pengumpulan data penelitian ini dengan cara menonton film dan menterjemahkan dialog aktor film. Data-data itu selanjutnya dianalisa menggunakan analisa isi (content analysis). Adapun hasil penelitian ini ditemukan bahwa konselor (Erin Gruwell) menggunakan konsep konseling humanistik dan berhavioristik serta media konselig berupa diary untuk memecahkan konflik ras antar-siswa. Konflik ras antar-siswa itu berupa permusuhan, berkelahi, membenci, inklusif, sentimen, dan bangga dengan kelompok ras sendiri. Konselor meminta para siswa menuliskan segala permasalahannya di dalam sebuah buku catatan harian, menuliskan cita-cita, dan harapan siswa tentang kehidupan. Catatan siswa itu bernama diary. Catatan itu dijadikan konselor sebagai media bimbingan dan konseling agar konflik ras antarsiswa dapat diselesaikan. Lewat catatan itu, konselor mengarahkan siswa kepada halhal yang bermanfaat dan berguna seperti mengarahkan siswa agar saling mengenal (ta’aruf), bersikap bijaksana (al hikmah), mengambil pelajaran dari kejadian masa lalu (mauizdah hasanah), dan berdiskusi agar menjadi pribadi yang obyektif dan mampu bersikap adil (al mujadalah billati hiya ahsan).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Moch Nur Ichwan.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Konflik Multirasial, Film Freedom Writers, Konseling Lintas Budaya, Diary
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 24 Jun 2014 14:25
Last Modified: 29 Oct 2015 15:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13030

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum