PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA SMP KELAS VIII BERBASIS TAHAP BERPIKIR VAN HIELE DAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA MATERI LIMAS

ASIH SETYANI , NIM. 09600042 (2014) PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA SMP KELAS VIII BERBASIS TAHAP BERPIKIR VAN HIELE DAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA MATERI LIMAS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA SMP KELAS VIII BERBASIS TAHAP BERPIKIR VAN HIELE DAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA MATERI LIMAS)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (77MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA SMP KELAS VIII BERBASIS TAHAP BERPIKIR VAN HIELE DAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA MATERI LIMAS)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan Subject Specific Pedagogy (SSP) Matematika SMP berbasis tahap berpikir van Hiele dan teori belajar Bruner pada materi limas yang layak digunakan dalam proses pembelajaran matematika dan memenuhi 3 unsur kelayakan yaitu validitas, praktibilitas dan efektifitas. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari analisys (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Subjek penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VIIIA dan VIIIB SMP N 4 Sewon Bantul tahun ajaran 2012/2013. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar penilaian SSP, lembar keterlaksanaan pembelajaran, serta lembar respon peserta didik dan guru. Hasil penelitian menunjukkan telah berhasil dikembangkan SSP Matematika kelas VIII berbasis tahap berpikir van Hiele dan teori belajar Bruner yang berisi silabus, RPP, LKS, media berbasis dan instrumen penilaian yang dikembangkan dengan lima tahap pengembangan. Tahapan-Tahapan penelitian yaitu tahap analisis (analysis) meliputi analisis kurikulum, analisis karakteristik siswa, dan analisis instruksional, kemudian dilanjutkan tahap perancangan (design) yang terdiri dari mengumpulkan dan menyusun materi, meyusun desain. Tahap berikutnya adalah pengembangan (development) yang terdiri dari penyusunan SSP, tinjauan dari dosen pembimbing, revisi I, validasi ahli, analisis data, revisi II, uji coba terbatas, revisi III, sampai produk SSP. Dari data penyuntingan produk awal dianalisis untuk memperoleh tingkat validitas SSP, didapatkan hasil tingkat validitas SSP sangat baik dengan skor rata-rata sebesar 193,66 dengan persentase keidealan 80,70%. Pada tahap implementasi (implementation) dilakukan uji coba empiris menggunakan SSP Matematika, memberikan pretestpostest, serta memberikan angket respon siswa dan guru terhadap SSP. Tahap evaluasi (evaluation) merupakan tahap terakhir yaitu tahap analisis hasil pretestposttest dan angket respon siswa dan guru untuk keperluan mengambil keputusan apakah SSP layak digunakan atau tidak. Berdasarkan hasil analisis, SSP ini teruji efektif meningkatkan hasil belajar siswa yang ditunjukan dari nilai rata-rata posttest (78,39) yang lebih besar dari nilai rata-rata pretest (25,71) dan persentase siswa yang mencapai KKM sebesar 64,29% yang berarti keefektifan SSP ini baik. Praktibilitas SSP ini dilihat berdasarkan hasil analisis skala respon siswa yang memperoleh respon positif dengan persentase 75,64%, sedangkan dari skala respon diperoleh respon sangat positif dengan persentase 86,96% .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Mulin Nu’man, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Subject Specific Pedagogy (SSP), Matematika, Tahap Berpikir van Hiele, Teori Belajar Bruner
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 24 Jun 2014 07:36
Last Modified: 27 Jan 2016 02:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13034

Actions (login required)

View Item View Item