PENGARUH PENGUMUMAN UNDANG-UNDANG OTORITAS JASA KEUANGAN (OJK) TERHADAP RETURN ABNORMAL DAN VOLUME PERDAGANGAN SAHAM (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN-PERUSAHAAN YANG MASUK DI JAKARTA ISLAMIC INDEX)

LIA WIDYANINGRUM , NIM. 10390200 (2014) PENGARUH PENGUMUMAN UNDANG-UNDANG OTORITAS JASA KEUANGAN (OJK) TERHADAP RETURN ABNORMAL DAN VOLUME PERDAGANGAN SAHAM (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN-PERUSAHAAN YANG MASUK DI JAKARTA ISLAMIC INDEX). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGUMUMAN UNDANG-UNDANG OTORITAS JASA KEUANGAN (OJK) TERHADAP RETURN ABNORMAL DAN VOLUME PERDAGANGAN SAHAM (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN-PERUSAHAAN YANG MASUK DI JAKARTA ISLAMIC INDEX))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGUMUMAN UNDANG-UNDANG OTORITAS JASA KEUANGAN (OJK) TERHADAP RETURN ABNORMAL DAN VOLUME PERDAGANGAN SAHAM (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN-PERUSAHAAN YANG MASUK DI JAKARTA ISLAMIC INDEX))
BAB II, III, IV.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalis dan menjelaskan pengaruh pengumuman Undang-Undang Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terhadap abnormal return dan volume perdagangan saham pada perusahaan-perusahaan yang masuk dalam kelompok Jakarta Islamic index (JII). Secara umum, harga sekuritas secara penuh mencerminkan semua informasi yang dipublikasikan (public information), termasuk di dalamnya adalah kebijakan pemerintah, salah satunya yaitu pengumuman UU OJK yang akan berimbas pada proyeksi analisis investor dalam mempengaruhi harga-harga sekuritas di pasar modal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi peristiwa (event study) yang akan menganalisis perubahan pergerakan abnormal return dan volume perdagangan saham di sekitar pengumuman berlakunya UU OJK. Hipotesis dalam penelitian ini adalah adanya perubahan rata-rata abnormal return dan rata-rata volume perdagangan saham yang signifikan di sekitar pengumuman berlakunya UU OJK. Pengujian penelitian ini menggunakan uji beda dua rata-rata dengan uji t-statisitik. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan periode pangamatan 7 hari sebelum pengumuman UU OJK dan 7 hari sesudah pengumuman UU OJK dengan jumlah sampel sebanyak 24 perusahaan yang tidak melakukan corporate action disekitar periode pengamatan. Hasil penelitian pada hipotesis pertama menunjukkan tidak adanya perubahan rata-rata abnormal return baik sebelum dan sesudah pengumuman berlakunya UU OJK. Hal ini disebabkan adanya lembaga OJK yang belum begitu dikenal oleh para pelaku pasar dan mendukung hipotesis pasar efisien setengah kuat. Sedangkan hasil pengujian pada hipotesis kedua menunjukkan adanya perubahan yang signifikan pada setiap rata-rata volume perdagangan saham baik sebelum maupun sesudah pengumuman berlakunya UU OJK. Hal ini menunjukkan bahwa informasi pengumuman berlakunya UU OJK memiliki kandungan informasi yang langsung direspon oleh investor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Misnen Ardiansyah, S.E, M.Si., Ak., CA
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: berlakunya UU OJK, event study, abnormal return dan volume perdagangan.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 24 Jun 2014 14:46
Last Modified: 27 Sep 2016 14:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13039

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum