TAREKAT DAN MAHASISWA (STUDI KASUS TAREKAT NAQSYABANDIYAH DI ASRAMA UNITED ISLAMIC CULTURAL CENTRE OF INDONESIA (UICCI) YOGYAKARTA)

AMIN SUSILO, NIM. 10120009 (2014) TAREKAT DAN MAHASISWA (STUDI KASUS TAREKAT NAQSYABANDIYAH DI ASRAMA UNITED ISLAMIC CULTURAL CENTRE OF INDONESIA (UICCI) YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (TAREKAT DAN MAHASISWA (STUDI KASUS TAREKAT NAQSYABANDIYAH DI ASRAMA UNITED ISLAMIC CULTURAL CENTRE OF INDONESIA (UICCI) YOGYAKARTA))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (TAREKAT DAN MAHASISWA (STUDI KASUS TAREKAT NAQSYABANDIYAH DI ASRAMA UNITED ISLAMIC CULTURAL CENTRE OF INDONESIA (UICCI) YOGYAKARTA))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kehidupan di zaman posmodern ini, telah menyebabkan banyak manusia masuk ke dalam jurang kehampaan spiritual, yang nantinya ketika manusia hidupnya dalam keadaan hampa dari segi spiritual maka akan cenderung melakukan perbuatan yang mudah membawa kemaksiatan alias melanggar norma khususnya norma agama. Pengaruh negatif dari zaman posmodern ini yang paling merasakan adalah para generasi muda yang memang pada masa-masa itu adalah masa-masa pencarian jati dirinya dan sangat riskan sekali terpengaruh oleh keadaan kehidupan di lingkungan sekitar. Melihat kenyataan tersebut yayasan asrama United Islamic Cultural Centre of Indonesia (UICCI) Yogyakarta berdiri dengan membawa misi ajaran Tarekat Naqsyabandiyahnya yang mana sasaran pengikutnya diperuntukan untuk kalangan generasi muda khususnya kalangan pelajar baik yang masih duduk di bangku sekolah atau di bangku kuliah. Para murid yang tinggal di asrama tersebut dibimbing dan diarahkan agar hidupnya bernafaskan nilai-nilai agama Islam dan terhindar dari pengaruh negatif zaman posmodern ini. Dalam penelitian ini, penulis merumuskan persoalan untuk menggali permasalahan yang ada seperti; asal-usul Tarekat Naqsyabandiyah, ajaran dan ritual Tarekat Naqsyabandiyah, dan motivasi para mahasiswa masuk ke asrama United Islamic Cultural Centre of Indonesia (UICCI) Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan beberapa teknik yang mengacu dalam penelitian kualitatif sebagai berikut, yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan fenomenologi, yang mencoba ikut terlibat dengan rasa semampu mungkin. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Tarekat Naqsyabandiyah yang ada di United Islamic Cultural Centre of Indonesia (UICCI) Yogyakarta dilihat dari asal usulnya bahwa tarekat Naqsyabandiyah ini berasal dari negara Turki yang melalui jalur kemursyidan Syaikh Sulaiman Hilmi Tunahan. Ajaran Tarekat Naqsyabandiyah mengarahkan manusia untuk menjadi hamba yang berakhlakul karim dan senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan melakukan berbagai ritual seperti; rabithah, dzikir, suluk dan khatam khwajagan. Selanjutnya motivasi para mahasiswa masuk ke asrama United Islamic Cultural Centre of Indonesia (UICCI) Yogyakarta secara garis besar ada 3 macam. Pertama, mereka masuk ke asrama tersebut karna tertarik dengan fasilitas asrama yang serba gratis. Kedua, mereka masuk ke asrama tersebut karena ingin belajar dan memperdalam ilmu agama Islam. Ketiga, adanya keinginan agar hidupnya lebih teratur dengan adanya tata tertib yang ada di asrama sehingga akan mengarahkan mereka pada kedisliplinan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Soraya Adnani, M. Si.
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Jun 2014 15:45
Last Modified: 21 Aug 2015 09:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13055

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum