BUDAYA TILAWAH AL-QUR’AN (STUDI KASUS DI UNIT KEGIATAN MAHASISWA (UKM) JAM’IYYAH AL-QURRA’ WA AL-HUFFAZH (JQH) AL-MIZAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)

DARIUN HADI , NIM. 09120015 (2014) BUDAYA TILAWAH AL-QUR’AN (STUDI KASUS DI UNIT KEGIATAN MAHASISWA (UKM) JAM’IYYAH AL-QURRA’ WA AL-HUFFAZH (JQH) AL-MIZAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( BUDAYA TILAWAH AL-QUR’AN (STUDI KASUS DI UNIT KEGIATAN MAHASISWA (UKM) JAM’IYYAH AL-QURRA’ WA AL-HUFFAZH (JQH) AL-MIZAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA) )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (576kB) | Preview
[img] Text ( BUDAYA TILAWAH AL-QUR’AN (STUDI KASUS DI UNIT KEGIATAN MAHASISWA (UKM) JAM’IYYAH AL-QURRA’ WA AL-HUFFAZH (JQH) AL-MIZAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA) )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Jam'iyyah al-Qurra' wa al-Huffazh al- Mizan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta merupakan sebuah unit kegiatan mahasiswa yang bergerak di bidang pengembangan seni dan kajian al-Qur'an. UKM JQH al-Mizan terdiri dari lima divisi yaitu: divisi tilawah, divisi tahfidz divisi tafsir, divisi kaligrafi, dan divisi sholawat. Divisi tilawah merupakan divisi yang berkaitan dengan tilawah (seni baca al-Qur‟an) yang berorientasi pada pelatihan tilawatil Qur‟an. Bentuk pelatihan yang dilakukan adalah dengan mengadakan latihan rutin dua kali dalam seminggu. Keunikan dari penelitian ini adalah karena di zaman sekarang yang sudah maju teknologinya ternyata masih ada yang mau belajar langsung sama ustadz/ah, padahal untuk belajar tilawah bisa lewat kaset, cd, dan lain sebagainya. Pokok permasalahan diteliti: 1. Mengapa mahasiswa belajar tilawah? 2. Apa faktor penghambat mahsiswa UIN Sunan Kalijaga belajar tilawah atau seni baca al-Qur‟an? 3. Bagaimana peran divisi tilawah dalam membina mahasiswa belajar tilawah al-Qur‟an?. Untuk menjawab rumusan masalah tersebut, maka peneliti menggunakan penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut:1. Alasan mahasiswa tertarik mengikuti tilawah al-Qur‟an karena dua faktor, yakni faktor dari dalam (seperti karena sudah bisa membaca al-Qur‟an sesuai dengan tajwid, ingin mempelajari dan menguasai lagu dalam tilawah, karena ingin mengikuti lomba Musabaqoh Tilawatil Qur‟an (MTQ), dan ingin mengamalkan bacaan tilawahnya di masyarakat). Faktor dari luar (seperti ajakan teman sehingga ada keinginan untuk belajar tilawah, karena dukungan keluarga dan lingkungan juga mempengaruh belajar tilawah. 2. Hambatan mahasiswa UIN Sunan Kalijaga yang dialami dalam belajar tilawah al-Qur‟an adalah malas untuk belajar tilawah al-Qur‟an, malu untuk bersuara ketika disuruh mempraktekkan tilawahnya, tidak mau mencoba dan jarang hadir ketika latihan tilawah dan kesibukan dengan banyak kegiatan. 3. Peran divisi tilawah dalam membina mahasiswa belajar tilawah al-Qur‟an adalah untuk membantu mahasiswa yang mau belajar tilawah baik yang sudah bisa maupun yang belum bisa, sebagai mediator untuk mengakrabkan para anggota divisi tilawah, dan untuk menghantarkan anggota divisi tilawah mengikuti lomba Musabaqoh Tilawatil Qur‟an (MTQ).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Soraya Adnani, M.Si.
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Jun 2014 16:09
Last Modified: 21 Aug 2015 11:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13064

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum