SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL KAS DI KOPERASI SERBA USAHA (KSU) BAITUL MAAL WA TAMWIL (BMT) SEJAHTERA SLEMAN

AFIFAH FAJAR CAHYANI , NIM. 10240020 (2014) SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL KAS DI KOPERASI SERBA USAHA (KSU) BAITUL MAAL WA TAMWIL (BMT) SEJAHTERA SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL KAS DI KOPERASI SERBA USAHA (KSU) BAITUL MAAL WA TAMWIL (BMT) SEJAHTERA SLEMAN )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text ( SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL KAS DI KOPERASI SERBA USAHA (KSU) BAITUL MAAL WA TAMWIL (BMT) SEJAHTERA SLEMAN )
BAB II, III .pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (730kB)

Abstract

Sistem pengendalian internal kas adalah alat, mekanisme yang digunakan di dalam perusahaan dengan tujuan untuk menjaga keamanan, mencegah pemborosan dan penyalahgunaan kas, menjamin ketelitian, keberanian data akutansi dan mendorong efisiensi dipatuhinya kebijakan manajemen kas. Tujuan BMT berdiri di tengah-tengah masyarakat ekonomi menengah ke bawah karena sasaran yang dituju BMT meliputi pedagang kecil, petani, peternak, pengusaha kecil, nelayan dan sebagainya. Dengan demikian, hadirnya BMT ditengah-tengah masyarakat memiliki andil dalam bangkitnya perekonomian mereka, karena pada dasarnya fungsi dari lembaga keuangan adalah sebagai agent of development yang menyediakan jasa-jasa keuangan. Untuk menghindari adanya hal-hal yang tidak dinginkan terutama pada kondisi keuangan, KSU BMT Sejahtera berusaha menjaga kondisi keuangan dengan cara pengendalian kas yang profesional. Jenis penelitian ini menggunakan (1) Subyek obyek, yang menjadi subyek adalah pengurus BMT Sejahtera dan obyek adalah Sistem Pengendalian Internal Kas di KSU BMT Sejahtera. (2) Metode pengumpulan data, yaitu dengan interview, observasi dan dokumentasi. (3) Metode analisis data, yaitu dengan deskriptif kualitatif. (4) Validitas data, yaitu dengan menggunakan triangulasi teknik. KSU BMT Sejahtera terdapat pemisahan tugas dan tanggung jawab atas pekerjaan yang dilakukan. Masing-masing karyawan memiliki dua tugas, tetapi dengan dua tugas tersebut karyawan mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Dengan adanya sistem pengendalian internal kas, KSU BMT Sejahtera bisa menaikkan pendapatan keuangan. BMT Sejahtera memiliki 3 tempat pokok untuk menyimpan kasnya, yaitu pertama, di kas box untuk kas kecil, brankas dan bank. KSU BMT Sejahtera memiliki pengawasan untuk penerimaan kas, pengawasan dilakukan dengan opname kas, yaitu melakukan penghitungan uang setiap hari dan setiap akhir tutup buku. Dan dibedakan jumlah nominalnya, dengan memisahkan nominal ini agar terhindar dari kesalahan dalam penghitungan uang. Dan pengawasan untuk pengeluaran kas, yaitu dengan pengeluaran kas dibawah Rp. 50.000; harus di ketahui oleh operasional. Diatas Rp. 50.000; harus sepengetahuan manajer. Dan diatas Rp. 500.000; harus persetujuan semua pengurus KSU BMT Sejahtera.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Siti Fatimah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Sistem Pengendalian Internal, Kas, KSU BMT Sejahtera Sleman
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 26 Jun 2014 01:08
Last Modified: 20 Oct 2015 07:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13081

Actions (login required)

View Item View Item