KESEMPATAN KERJA BAGI TUNANETRA (STUDI KASUS TERHADAP ANGGOTA IKATAN TUNANETRA MUSLIM INDONESIA (ITMI) KOTA YOGYAKARTA)

IFFATUS SHALEHAH, NIM. 10250063 (2014) KESEMPATAN KERJA BAGI TUNANETRA (STUDI KASUS TERHADAP ANGGOTA IKATAN TUNANETRA MUSLIM INDONESIA (ITMI) KOTA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KESEMPATAN KERJA BAGI TUNANETRA (STUDI KASUS TERHADAP ANGGOTA IKATAN TUNANETRA MUSLIM INDONESIA (ITMI) KOTA YOGYAKARTA))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KESEMPATAN KERJA BAGI TUNANETRA (STUDI KASUS TERHADAP ANGGOTA IKATAN TUNANETRA MUSLIM INDONESIA (ITMI) KOTA YOGYAKARTA))
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertemakan kesempatan kerja bagi tunanetra. Penelitian ini dilakukan di Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia (ITMI) Kota Yogyakarta karena menurut pengamatan peneliti masih banyak tunanetra yang masih belum memiliki kesamaan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan. Peneliti juga mengkaji dari sisi hambatan ke lapangan pekerjaan dengan memakai teori kesempatan kerja ILO. Penelitian ini didapatkan dengan menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Peneliti mengumpulkan data dengan metode wawancara, dan dokumentasi. Peneliti juga memperoleh data wawancara dari anggota ITMI, DINSOSNAKERTRANS (Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi), beberapa instansi dan beberapa masyarakat yang berdomisili di kota Yogyakarta. Temuan di lapangan menghasilkan bahwa kesempatan kerja bagi tunanetra ini masih kurang, sempit dan minim. Hal ini dilihat dari data-data dari DINSOSNAKERTRANS (Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi) kota Yogyakarta serta keterangan dari anggota ITMI kota Yogyakarta, beberapa instansi dan beberapa masyarakat yang berdomisili di kota Yogyakarta mengenai kesempatan kerja bagi difabel. Data yang didapatkan oleh peneliti dari pemerintah kota tidak lengkap sehingga peneliti tidak dapat mengkaji lebih dalam dikarenakan sistem yang ada merumitkan peneliti untuk mendapatkan data sebanyakbanyaknya. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa anggota tunanetra di Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia (ITMI) kota Yogyakarta masih banyak yang belum bekerja. Anggota yang sudah bekerja rata-rata berprofesi sebagai Guru dan Pemijat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Arif Maftuhin, M. Ag, MAIS
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 26 Jun 2014 01:25
Last Modified: 22 Oct 2015 02:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13086

Actions (login required)

View Item View Item