STRATEGI MENULIS ARTIKEL DI MEDIA MASSA ( STUDI DESKRIPTIF TENTANG STRATEGI MENULIS ARTIKEL BAGI MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA DI KOLOM SUARA MAHASISWA KORAN HARIAN JOGJA )

ANTON , NIM.09210131 (2014) STRATEGI MENULIS ARTIKEL DI MEDIA MASSA ( STUDI DESKRIPTIF TENTANG STRATEGI MENULIS ARTIKEL BAGI MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA DI KOLOM SUARA MAHASISWA KORAN HARIAN JOGJA ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI MENULIS ARTIKEL DI MEDIA MASSA ( STUDI DESKRIPTIF TENTANG STRATEGI MENULIS ARTIKEL BAGI MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA DI KOLOM SUARA MAHASISWA KORAN HARIAN JOGJA ))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI MENULIS ARTIKEL DI MEDIA MASSA ( STUDI DESKRIPTIF TENTANG STRATEGI MENULIS ARTIKEL BAGI MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA DI KOLOM SUARA MAHASISWA KORAN HARIAN JOGJA ))
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB)

Abstract

Hampir semua dari media cetak (koran) menyediakan kolom artikel yang terbuka untuk umum. Semua kalangan mempunyai kesempatan untuk mengirimkan tulisannya. Selain itu juga, tidak sedikit dari koran yang secara khusus menyediakan kolom artikel untuk kalangan mahasiswa yang dikenal dengan istilah suara mahasiswa, salah satunya seperti yang ada di Koran Harian Jogja (HARJO). Oleh karena itu, dalam penelitian ini mencoba mengangkat judul penelitian Strategi Menulis Artikel Di kolom Suara Mahasiswa Koran Harian Jogja Bagi Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga. Dalam penelitian ini, akan diungkap strategi menulis artikel khususnya di kolom suara mahasiswa koran Harian Jogja. Penelitian ini dapat digolongkan pada jenis penelitian kualitatif yang secara langsung proses pengumpulan datanya diperoleh dari redaktur koran Harjo dan beberapa mahasiswa yang pernah menulis di kolom suara mahasiswa koran Harjo. Instrument pengumpulan peneliti menggunakan observasi, interview dan dokumentasi. Berdasarkan hasil wawancara dan beberapa literatur, peneliti menemukan strategi menulis artikel di kolom “Suara Mahasiswa” Koran Harian Jogja sebagai berikut, yaitu, membuat judul yang menarik, Mengetahui Ideologi dan Karakter Koran, Memahami Gaya Bahasa Jurnalistik, Mengikuti Tema yang Ditentukan Redaktur, Melahirkan Ide Baru dan Relevansi, Memberi Analisis, Keserasian Bahasa yang Digunakan, Sering Membaca Artikel yang Telah Dimuat di Koran, dan Dapat Memberi Kontribusi. Aspek lain yang peneliti temukan dalam penelitian ini adalah hal-hal yang mampu memotivasi para penulis untuk selalu semangat menulis yaitu berupa: Pengetahuan, Kepuasan Intelektual, Popularitas, Honor. Hal-hal tersebut adalah merupakan manfaat yang bisa diperoleh mahasiswa yang aktif mengirimkan tulisannya di surat kabar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Mohammad Zamroni, M.Si
Subjects: Komunikasi Islam
Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Jun 2014 10:24
Last Modified: 16 Oct 2015 14:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13093

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum