SIKAP GURU SEKOLAH MUHAMMADIYAH DI KECAMATAN SLEMAN TERHADAP SAJIAN PESAN DAKWAH PADA MAJALAH SUARA MUHAMMADIYAH EDISI DESEMBER 2013 HINGGA JANUARI 2014

INTAN NOVIYANTI , NIM. 10210096 (2014) SIKAP GURU SEKOLAH MUHAMMADIYAH DI KECAMATAN SLEMAN TERHADAP SAJIAN PESAN DAKWAH PADA MAJALAH SUARA MUHAMMADIYAH EDISI DESEMBER 2013 HINGGA JANUARI 2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( SIKAP GURU SEKOLAH MUHAMMADIYAH DI KECAMATAN SLEMAN TERHADAP SAJIAN PESAN DAKWAH PADA MAJALAH SUARA MUHAMMADIYAH EDISI DESEMBER 2013 HINGGA JANUARI 2014 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text ( SIKAP GURU SEKOLAH MUHAMMADIYAH DI KECAMATAN SLEMAN TERHADAP SAJIAN PESAN DAKWAH PADA MAJALAH SUARA MUHAMMADIYAH EDISI DESEMBER 2013 HINGGA JANUARI 2014 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (986kB)

Abstract

Islam adalah agama dakwah, agama yang menugaskan umatnya untuk menyebarkan dan menyiarkan Islam kepada seluruh umat manusia sebagai rahmatanlil-al’alamin. Islam dapat menjamin terwujudnya kebahagiaan dan kesejahteraan manakala ajarannya dijadikan sebagai pedoman hidup dan dilaksanakan secara konsisten serta konsekuen. Usaha penyebarluasan Islam dalam realisasi terhadap ajarannya adalah melalui dakwah. Salah satu majalah yang menyampaikan dakwah Islam adalah majalah Suara Muhamamdiyah yang membawa misi melaksanakan dakwah Islamiyah amar ma’ruf nahi munkar, yang isinya khusus mengenai masalah agama dan juga berisi masalah lain yang berkaitan dengan agama. Sampai saat ini majalah Suara Muhammadiyah tetap sebagai majalah tertua, terawet, dan lestari dengan oplah yang stabil sebanyak 25.000 sampai 30.000 ekslempar tiap terbit. Namun keberhasilan majalah sebagai media dakwah tidak hanya dilihat dari jumlah oplah yang didapat, tetapi juga dilihat dari sikap yang diberikan oleh pembaca terhadap sajian pesan dakwah. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melihat sikap yang diberikan oleh pembaca (guru Muhammadiyah kecamatan Sleman) pada sajian pesan dakwah di majalah Suara Muhammadiyah. Sikap tersebut juga ditinjau dari jenjang pendidikan yang diampu dan mata pelajaran yang diampu. Pendekatan atau metodologi yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Sedangkan uji cobanya menggunakan uji validitas dan reliabilitas untuk menentukan instrumen yang akan digunakan. Guru Sekolah Muhammadiyah memiliki dominasi pada sikap cukup baik terhadap sajian pesan dakwah, sedangkan dengan Chi Kuadrat atau Chi Square secara keseluruhan sikap guru identik. Untuk sikap yang ditinjau dari jenjang pendidikan dan mata pelajaran yang diampu menunjukkan tidak ada perbedaan terhadap sikap yang diberikan. Sehingga sesuai dengan teori pembentukan respon maka majalah dalam memberikan stimulus harus diperhatikan, serta memperhatikan fungsi media massa secara umum sehingga dapat memperoleh sikap dari pembaca yang mengarah pada kategori sikap baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Musthofa, S.Ag, M.Si
Uncontrolled Keywords: Keyword: Sikap, tinjauan dari latar belakang
Subjects: Komunikasi Islam
Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Jun 2014 10:56
Last Modified: 16 Oct 2015 15:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13094

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum